Umpan Ikan Mujair dan Tips Memancing Agar Selalu Strike [Terbaru]

Umpan Ikan Mujair Infoikan.com Sudah tahu jenis umpan mujair liar? atau ingin tahu umpan ikan mujair babon? Siapa sih yang nggak tau ikan mujair? Yakni salah satu jenis ikan konsumsi yang lezat dan memiliki harga ekonomis.

Cara mendapatkan mujair juga mudah, selagi umpan yang kita gunakan dapat menarik bau hidung mujair tersebut.

Banyak sekali yang sudah meracik umpan yang dinyatakan paling jitu dan mujarob buat mancing mujair ini. Akan tetapi dari situlah kadang-kadang sampai di tempat pemancingan malah tidak dapat ikan yang dicari.

Beberapa penyebabnya mungkin karena umpan yang dibuat tadi kurang berbau amis, keadaan ikan sedikit atau waktu yang kurang pas serta tempat yang dicari kurang tepat. Berikut ini beberapa ulasan umpan ikan mujair dan sekaligus cara mancing yang tepat agar selalu strike.

Umpan Ikan Mujair dan Tips Memancing Agar Selalu Strike

Umpan Ikan Mujair dan Tips Memancing Agar Selalu Strike [Terbaru]
Ilustrasi
Bagi sebagian orang yang super sibuk, aktifitas mancing kadang harus meluangkan waktu yaitu biasanya memilih hari libur.

Jika umpan yang dibawa kurang pas dan tidak pas, serta waktu yang dipilih salah, kamu akan kecewa jika tidak membawa dan tidak mendapatkan ikan mujair.

Dari anak-anak hingga orang dewasa mancing sudah tidak asing lagi. Apalagi sekarang ini mancing merupakan sebuah hobi.

Aslinya untuk pergi yang bertujuan berlibur menghilangkan rasa jenuh dan ingin melihat suasana luar merupakan tujuan utama dan bukan hanya mancing mencari ikan saja.

Oleh sebab itu biar dapat ikan sekaligus mendapatkan sensasi tarik menarik, berikut ini beberapa umpan ikan mujair dan cara mancing yang dahsyat.

Ketahui Makanan Favorit dan Tingkah Laku Mujair

Langkah selanjutnya sebelum membuat umpan ikan mujair, cari informasi mengenai jenis pakan yang biasa dan disukai ikan mujair. Jangan asal-asalan yang tidak lain ikan selain mujair yang Kamu dapatkan.

Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang lebih suka aktif pada siang hari, serta merupakan ikan pemakan segalanya (omnivora). Hal yang perlu kamu ingat, umumnya ikan mujair ini lebih suka mencari makan di atas permukaan air atau tidak terlalu dalam.

Menentukan Lokasi Memancing yang Pas

Tak hanya membawa perlengkapan pancing dan umpan saja, melainkan langkah awal harus menentukan lokasi yang sekira nyaman dan cocok untuk berlibur memancing ini.

Ikan mujair merupakan jenis ikan konsumsi yang cocok dengan semua jenis air, baik air tawar, air payau, dan air laut.

Oleh karena itu semua tempat biasanya terdapat ikan mujair, seperti air tenang, air mengalir, rawa-rawa, waduk, dan sungai, serta lokasi dekat tambakan.

Sebelum berangkat mancing, menentukan lokasi pemancingan merupakan sebuah keharusan jika tidak ingin menghabiskan waktu.

Ketahui Waktu yang Pas

Sebagus apapun umpan ikan mujair yang dibawa, jika waktunya kurang tepat semisa ikan sudah pada kenyang, atau lagi beristirahat biasanya kegagalan yang akan kita raih.

Oleh sebab itu, sesudah mendapatkan tempat yang cocok nyaman dan damai, jangan sampai melupakan waktu ikan ini mencari magsa.

Pada bahasan sebelumnya sudah disebutkan, bahwa ikan mujair lebih suka mencari makan pada siang hari. Untuk itu gunakan dan manfaatkan untuk mengintai dengan umpan kita.

Jadi, waktu yang pas dan cocok untuk mancing ikan mujair adalah pada siang hari dan malam hari. Biasanya jarang yang bertanya pukul berapa yang baik mancing ikan mujair? Jangan sia-siakan kesempatan emas yang tepat ini.

Pilihlah Jenis Senar yang Tepat dan Pasang Kail (Mata Pancing) dengan Benar

Untuk ikan mujair, pada umumnya panjang joran yang ideal kisaran antara 350 cm hingga 460 cm dan berbentuk tegak.

Tak hanya itu, pemasangan mata joran dan pancing harus benar-benar kuat agar sewaktu disambar tidak putus. Ini merupakan salah trik dan teknik untuk mendapatkan sensasi strike yang lebih awesome.

Untuk senar, pilih yang jenis dan berukuran 0.50 mm Test:40 LBS yang mampu menarik dan tahan dengan ikan berat 2 kg.

Kalau tidak coba bertanya saja pada penjual perlengkapan mancing pada toko. Hal yang sering ditanyakan biasanya berapa ukuran mata pancing yang baik dan ideal?

Untuk ukuran ini, yang umum dipakai biasanya yang bernomor 2, 3, 4 , dengan merek yang sudah terkenal seperti “SASAME” yang sudah terbukti memiliki mata tajam serta kuat.

Mengapa harus terbaik, karena memudahkan Kamu tidak sering menggonta-gantinya.

Jangan lupa untuk memilih jenis pelampung yang sesuai. Jika umpan Kamu disambar ikan mujair, akan lebih mempunyai sensitifitas yang lebih tinggi.

Jenis-Jenis Umpan Ikan Mujair

  • Racikan Umpan Ikan Mujair

1. Umpan Ikan Mujair Pelet Jitu

Siapkan pelet jitu, susu bubuk, wadah, air panas, dan essen (dengan aroma apapun).

Cara membuatnya sangat mudah, masukan pelet jitu ke dalam wadah, campurkan air panas sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan.

Tambahkan susu bubuk dan essen, aduk hingga tercampur merata. Bentuk adonan seukuran kail pancing, umpan siap digunakan.

2. Umpan Ikan Mujair Roti Tawar

Umpan Ikan Mujair dan Tips Memancing Agar Selalu Strike [Terbaru]
Ilustrasi
Racikan umpan yang satu ini sangat mudah karena hanya bermodalkan roti tawar. Akan tetapi kamu bisa menambahkan essen umpan untuk tambahan aroma umpan agar ikan tertarik.

Cara pembuatannya mudah, cukup haluskan roti tawar menggunakan air panas sedikit demi sedikit agar adonan tidak terlalu lembek. Tambahkan essen ikan. Bentuk adonan tadi sesuai kebutuhan.

3. Umpan Ikan Mujair Mie Instan

Umpan Ikan Mujair dan Tips Memancing Agar Selalu Strike [Terbaru]
Ilustrasi
Kamu cukup menyiapkan wadah, satu bungkus mie instan, satu telur ayam, air hangat, terigu, essen.

Cara pembuatannya mudah, remukkan satu bungkus mie instan, campurkan dengan telur ayam, tambahkan air hangat. Kemudian aduk adonan hingga merata. Tambahkan terigu secukupnya (hal ini bertujuan apabila adonan terlalu encer).

Kemudian tambahkan essen. Apabila telah benar-benar membentuk adonan, bentuk adonan tersebut sesuai kebutuhan.

  • Umpan Alami Ikan Mujair

1. Udang

Umpan Ikan Mujair dan Tips Memancing Agar Selalu Strike [Terbaru]
Ilustrasi
Salah satu jenis udang yang sering digunakan untuk mancing ikan mujair adalah udang air tawar yang mana memiliki bau yang lumayan amis. Cara memakainya cukup tusuk dari belakang dengan mata kail kita.

2. Lumut

Salah satu pilihan lain yang akan kita gunakan untuk membuat umpan ikan mujair datang adalah dengan memilih jenis lumut sebagai umpan terbaik.

Hal ini berdasarkan pengalaman pemancing mania bahwa ikan mujair lebih berdominan makan lumut.

Cara membuat umpan ikan mujair dengan lumut antara lain: Kamu dapat menyediakan ember yang berisi air, kemudian campur air tersebut dengan vanili secukupnya, lalu aduk hingga terlihat merata.

Vanili ini akan menambah bau menyengat dan harum bersama dengan lumut tadi sehingga menarik mujair akan mendekat.

Walaupun Kamu mancing pada tempat yang berbeda, akan tetapi hasilnya dapat dinikmati secara bersamaan.

Pembuatan umpan ikan mujair ini sudah dibuktikan oleh beberapa pemancing profesional di semua daerah.

Yang tentunya jangan sampai membuat lumut dalam ember ini rusak ya.

Caranya aduk dengan perlahan, pilih tempat teduh agar terhindar dari sinar matahari yang akan menurunkan bau vanili ini.

Cara memasang umpan lumut sangat mudah, putar dengan pelan kemudian masukkan mata kail ke dalam ember, maka dengan otomatis lumut tadi akan menyangkut pada mata kail.

Sebelum lumut digunakan, usahakan untuk direndam terlebih dahulu pada air yang sudah terlarut garam di dalamnya. Hal tersebut yang bertujuan agar lumut tadi bisa menyatu dan lengket pada mata pancing atau mata kail kita.

3. Capung, Kupu-Kupu, dan Jangkrik

Serangga
Ilustrasi
Untuk jenis umpan ikan mujair ini pada umumnya digunakan di danau (waduk) dan hasilnya lumayan baik dan tak kalah dengan umpan terbaik lainnya.

4. Ulat Buah

Umpan ikan mujair berikutnya adalah ulat buah.

Biasanya pemancing menamainya sebagai ulat belimbing, ulat pisang, atau ulat buah lainnya yang keluar dari buah buahan.

Akan tetapi, jenis ulat yang biasanya digunakan adalah yang berada di daun pisang yang belum menjadi kepompong.

5. Anai-Anai (Laron)

Untuk mendapatkan umpan laron ini biasanya hanya ada pada musim tertentu dan dijadikan umpan alternatif saja.

Dalam hal ini, ikan mujair sangat cocok dengan laron dan bahkan juga jenis ikan penghuni rawa-rawa lainnya.

6. Cacing

Cacing
Ilustrasi
Cacing merupakan jenis umpan ikan mujair yang juga sangat ampuh dan mujarab. Bau amis pada cacing akan membuat ikan mujair kelayapan mencari mata kail kita.

Apapun jenis ikannya, dari dulu hingga saat ini yang namanya cacing masih digunakan sebagai umpan alami dan alternatif untuk memancing segala jenis ikan.

Teknik Mencari Spot dan Melempar Kail Pancing

Salah satu trik pada ikan mujair adalah jenis ikan yang hidup secara bergerombol.

Untuk mencari spot yang pas, pemancing mania dan profesional biasanya lebih suka mencari air yang mengalir masuk. Ini merupakan bocoran bagi Kamu supaya cepat mendapatkan ikan mujair sekaligus mencadi acuan memancing.

Untuk mancing di kolam, usahakan memilih melempar pada pencuran air, dan ini biasanya berada di tengah kolam. Atau, apabila kamu berada di tempat kolam ikan carilah tempat keluar masuknya air serta memilih juga ditepi yang banyak ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan air.

1. Memancing di Lubang Mujair

Enaknya, untuk mancing di lokasi langsung lubang mujair Kamu tidak perlu membawa umpan. Caranya cukup simpel dan mudah.

Kamu hanya perlu mengira rata-rata kedalamannya saja. Kemudian dengan pelan-pelan tenggelamkan pelampung ini dengan cara memindahkan ke kanan dan ke kiri.

Pada umunya jika ikan mujair berada di dalam lubang secara otomatis akan berusaha menyingkirkan mata kail kita, begitu juga dengan pelampungnya akan bergoyang yang berarti saatnya Kamu dapat menarik pancing secara hati hati dengan tepat dan cermat.

2. Memancing Ikan Mujair Di Sarangnya

Teknik membuat umpan ikan mujair memancing ini sangat mudah sekali dilakukan.

Biasanya mujair ketika di sarang akan membuat busa untuk melakukan pemijahan, dan ini juga terdapat di rawa-rawa dan dasar kolam yang berbentuk lubang besar.

Kamu dapat mengintai pada air dangkal yang banyak ditumbuhi tanaman air, biasanya ikan mujair lebih suka berada di bawah tumbuhan air tersebut.

Cara ini bisa Kamu lakukan seperti cara mancing ikan mas memakai pelampung yaitu memilih jenis joran yang tegak tanpa ril dengan keadaan benang kenur memanjang sepanjang joran.

Usahakan merangkai mata kailnya antara 1-2 yang berbentuk seperti jangkar payung dengan pelampung berbentuk bulat atau lonjong.

Atau, jikalau tidak, Kamu dapat mencari jenis pancing atau joran yang hanya disediakan khusus buat mancing di lubang dengan merakit sendiri.

Dengan jarak 20 cm, Kamu dapat membuat 4 rangkain mata kail.

Itulah informasi mengenai segala hal tentang memancing ikan mujair, semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment

error: device_error