Umpan Ikan Gurame Paling Ampuh, Mudah Dibuat [Terbaru Terlengkap]

Semua orang pasti pernah mendengar ikan gurame atau sebagian orang menyebutnya burami, dan bahkan tak sedikit dari kita yang pernah memakannya kemudian menggemarinya. Cara membuat umpan ikan gurame.

Jenis ikan gurame ini memang sangat populer dan terkenal karena kandungan gizi, kelezatan, dan kemudahannya apabila hendak mengembangbiakannya.

Bahkan, ikan gurame memiliki spesies-spesies cantik yang bisa dipelihara di akuarium sebagai ikan hias air tawar.

Di samping sebagai ikan hias, ikan gurame sebagai makanan menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, oleh karena itu tak heran banyak sekali orang yang hobi memancing ikan ini di danau (waduk), sungai atau kolam.

Yuk ketahui manfaatnya, sebelum kita membahas berbagai resep umpan ikan gurame

Ikan Gurame Mengandung Gizi yang Tinggi

Umpan Ikan Gurame Paling Ampuh, Mudah Dibuat [Terbaru Terlengkap]
Ilustrasi (pixabay.com)
Ikan gurame memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dan sudah tentu sangat baik untuk kesehatan kita.

Kandungan protein pada ikan gurame mencapai angka 19%, lebih tinggi dari beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi lainnya seperti ikan nila, ikan lele, dan ikan mas.

Kandungan asam amino dalam ikan gurame juga terhitung cukup tinggi. Selain asam amino dan protein, ikan gurame juga mengandung lemak yang lebih tinggi jika dibangingkan dengan ikan nila dan ikan mas.

Tidak hanya itu, ikan gurame juga banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam ikan gurame sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit, seperti:

  • Mencegah resiko dari penyakit degenerative yang biasanya menjangkit orang-orang yang telah lanjut usia. Penyakit degenerative yang dimaksus yakni seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), jantung koroner, dan kanker.
  • Mencegah penyakit busung lapar, penyakit yang salah satunya disebabkan karena sangat kekurangan protein yang bisanya menyerang anak-anak. Penyakit ini biasanya menyerang masyarakat yang taraf hidupnya berada pada titik menengah kebawah.
  • Salah satu sumber energi yang sangat baik karena kandungan asam esensialnya.
  • Memberikan pasokan nutrisi berupa protein yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan dan pertumbuhan otak dan otot.
  • Selain itu, kandungan protein yang tinggi juga sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit (meregenerasi kulit).
  • Membantu pencegahan penyakit marasmus pada balita. Penyakit marasmus merupakan penyakit yang menghambat pertumbuhan dan kurangnya asupan lemak pada otot tubuh, sehingga kebanyakan penderitanya akan terlihat sangat kurus dengan perut yang membuncit.
  • Mempercepat pemulihan pada luka.
  • Ikan gurame sangat baik untuk ibu hamil dan calon bayi karena mengandung nutrisi dan protein yang sangat tinggi dan diperlukan untuk tumbuh kembang calon bayi di dalam rahim.
  • Mencegah masalah kekurangan protein pada tubuh (cachexia). Cachexia merupakan salah satu penyebab mudah lelah, berat badan yang menurun, dan pemicu beberapa penyakit serius seperti gangguan liver, lambung, dan kanker usus.

Berbagai Racikan Umpan Ikan Gurame

Umpan Ikan Gurame Paling Ampuh, Mudah Dibuat [Terbaru Terlengkap]
Ilustrasi (pixabay.com)
Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, ikan gurame biasa dipancing di danau atau kolam oleh para mancing mania.

Berikut ini saya akan membahas beberapa resep umpan jitu nan ampuh dan juga mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah, cekidot!

1. Racikan Umpan Simpel

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan antara lain:

  • Pelet ikan 781-2 SP (setengah gelas)
  • Madu (1 sendok teh)
  • Air secukupnya
  • Telur rebus bagian yang putihnya  (1 butir)

Langkah-langkah membuat umpan yang satu ini cukup mudah. Campur semua bahan menjadi satu dalam satu tempat.

Aduk rata hingga semua bahan tercampur dan membentuk adonan. Bentuk adonan tadi menjadi bulat-bulat kecil untuk dijadikan umpan.

2. Umpan Ikan Gurame Kolam

Bahan-bahan yang harus disiapkan yakni:

  • Ubi jalar yang telah kukus (ukuran sedang/secukupnya)
  • Pelet ikan koi (1/4 gelas)
  • Madu (2 sendok makan)
  • Telur rebus bagian yang berwarna kuning (2 butir)

Langkah-langkah membuat umpan ikan gurame kolam ini cukup mudah.

Pertama, campurkan semua bahan dalam satu tempat. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk adonan umpan hingga benar-benar merata dan terasa kenyal, lalu bentuk adonan umpan menjadi bulatan-bulatan kecil (sesuai kebutuhan).

3. Umpan Alami

Jika Anda malas meracik umpan buatan, Anda bisa pakai umpan alami. Mencari umpan alami untuk ikan gurame cukup mudah karena ikan ini suka memakan apa saja. Beberapa yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Anai-anai/laron/silaru: Sebagaimana ikan lainnya, anai-anai atau sebagian orang menyebutnya laron  merupakan salah satu makanan yang disukai ikan gurame. Kamu bisa menangkap laron menggunakan cahaya lampu, atau menggunakan lilin yang diletakkan di tengah baskom berisi air. Laron tersebut akan berbondong-bondong menghampiri sumber cahaya. Akan tetapi, kamu harus menunggu laron tersebut pada musimnya, biasanya disaat musim panen kacang kedelai.
  • Jangkrik: Jangkrik merupakan serangga yang mengandung protein sangat tinggi dan sangat disukai oleh ikan gurame.
  • Cacing tanah: Selain laron dan jangkrik, cacing tanah juga bisa digunakan untuk memancing ikan gurame. Selain mengandung protein yang tinggi, cacing tanah memiliki aroma amis yang khas dan bisa menarik perhatian ikan untuk menghampiri umpan. Kamu bisa memperoleh cacing tanah dengan mudah di tanah yang lembab seperti tanah kebun atau sawah, ataupun kamu bisa membeli cacing tanah di toko yang menyediakan perlengkapan pancing.
  • Kroto/telur semut: Kroto atau telur semut rangrang ini banyak digunakan oleh penghobi burung kicau sebagai pakan, tapi kamu bisa gunakan telur semut rangrang ini untuk memancing ikan gurame dan ikan lainnya. Agar kroto dapat digunakan dan dikaitkan ke kail (mata pancing), kamu harus mencampurnya dengan bahan lain seperti pelet ikan terlebih dahulu.

Tips dan Trik Memancing Ikan Gurame

Umpan Ikan Gurame Paling Ampuh, Mudah Dibuat [Terbaru Terlengkap]
Ilustrasi (pixabay.com)
  1. Pilihlah spot atau lokasi yang terdapat banyak pepohonan yang akarnya menjuntai ke dalam sungai/danau, atau kumpulan pohon bambu yang menaungi (menjorok) ke arah permukaan air.
  2. Waktu yang tepat untuk memancing ikan gurame adalah di pagi hari. Hal tersebut dikarenakan matahari belum menyinari air secara keseluruhan, atau masih dalam kondisi teduh.
  3. Kamu dapat mencampurkan bahan lain berupa essen udang atau choya manakala kamu merasa racikan umpan yang kamu buat kurang josss.
  4. Apabila umpan yang telah kamu lempar tidak juga menghasilkan strike, coba hentakkan/pukulkan sewajarnya joran pancing ke permukaan air agar menarik perhatian ikan.
  5. Ikan merupakan hewan yang sangat sensitif. Oleh karena itu ketenangan saat memancing benar-benar berpengaruh. Jangan melakukan banyak pergerakkan dan buatlah suasana yang hening (tidak berisik).

Beberapa tips dan trik tersebut bisa kamu coba manakala hendak memancing jenis ikan yang lainnya, karena secara keseluruhan, hewan-hewan yang hidup di dalam air merupakan hewan yang sangat sensitif dan sangat waspada terhadap gerakan, meskipun sedikit.

Penutup

Nah, itu dia beberapa informasi seputar manfaat ikan gurame, racikan umpan ikan gurame dan beberapa tips and trick yang bisa kamu praktikkan sendiri manakala kamu dan keluarga ingin memancing ikan gurame.

Semoga beberapa rekomendasi yang saya tuliskan tersebut dapat bermanfaat dan menjadi referensi kamu  dalam memancing ikan gurame.

Semoga strike banyak ya!

Leave a Comment

error: device_error