Beberapa Contoh Pidato Tentang Cinta Tanah Air

Bagaimana kabarnya? Semoga anda semua yang membaca artikel ini selalu dilimpahkan kesehatan dan kelancaran rezeqi juga urusan dalam hidupnya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa contoh pidato tentang cinta tanah air.

Setelah beberapa waktu yang lalu saya memberikan sedikit contoh mengenai pidato singkat tentang kebersihan. Yang dengan itu bertujuan, agar bisa dijadikan rujukan atau referesni awal sebelum anda mencoba untuk menulis dan berpidato dengan versi anda seutuhnya. Yuk disimak!

Beberapa Contoh Pidato Tentang Cinta Tanah Air

Contoh 1:

Ptcta Contoh1
bareksa.com

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati, kepala sekolah dan jajarannya, staf pengajar dan tata usaha SMA Negeri 6 Kota Serang. Serta tidak lupa pula semua teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Hadirin yang berbahagia. Nabi Ibrahim alaihissalam pernah berdoa, sebagaimana termaktub dalam surah Al-Baqarah ayat 126 yang artinya;

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim Alaihissalam berdoa: ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri  yang aman, dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian…'”

Do’a Nabi Ibrahim tersebut mengisyaratkan bahwa beliau sangat mencintai tanah airnya. Sehingga beliau memohon kepada Allah agar menjadikan negerinya aman dan diberkahi dengan berbagai macam rezeki.

Dalam Islam, Nabi Ibrahim disebut sebagai Abbul Anbiya (bapaknya para Nabi). Dengan demikian kita sebagai umat Nabi Muhammad harus mengikuti teladan Nabi Ibrahim tersebut yang mencintai tanah airnya.

Hadirin yang saya cinta. Beberapa tahun ini atau mungkin sampai hari ini, masih terdapat gerakan separatis yang ingin memecah belah keutuhan negara kita. Maka kita sebagai penerus masa depan bangsa tidak boleh ikut mendukung gerakan separatis tersebut.

Karena gerakan-gerakan tersebut hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri. Mereka tidak pernah benar-benar mencintai tanah air tempat mereka bernaung.

Bahkan mungkin tidak pernah merasa bersyukur dan berterima kasih atas pahlawan yang telah gugur demi berdirinya tanah air ini.

Oleh karena itu kita harus terus berpartisipasi demi kemajuan tanah air kita sebagai wujud kecintaan kita dan rasa syukur kita terhadap negeri ini.

Hadirin sekalian. Sekianlah penyampaian saya atas pidato tentang cinta tanah air. Mohon maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan dari apa yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat kita jadikan semangat bersama agar selalu mencintai tanah air tercinta ini.

Terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Contoh 2:

Pidato Tentang Cinta Tanah Air. Contoh 2
infobaru.id

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh.

Alhamdulillahirabbil ‘aalamiin wasshalaatu wassalaamu ‘alaa sayyidina Muhammadin amma ba’du.

Yang saya hormati, dewan juri dan teman-teman sekalian yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta’aala.

Yang pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah subhanahu wa ta’aala yang telah memberikan kita beribu macam nikmat, di antaranya nikmat iman, islam dan sehat.

Yang kedua, shalawat beserta salam semoga selalu tercurah limpahkan pada suri tauladan kita semua, panutan kita, Nabi Muhammad shalallaahu ‘alaihi wassalam.

Hadirin sekalian yang berbahagia. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berpidato dengan tema “Cinta Tanah Air”.

Sebagai seseorang yang mengaku beriman, kita harus memiliki mahabbah atau rasa cinta yang dalam kepada tanah air Indonesia. Sebagaimana ungkapan orang bijak dalam kata-kata hikmahnya.

Hubbul wathan minal iman. Yang berarti, cinta tanah air sebagian daripada iman.

Demikianlah tanggung jawab rakyat yang mencintai negaranya dengan sepenuh hati. Tanggung jawab sebagai rakyat dari bangsa dan negara ini.

Sebagai contoh nyata adalah para pejuang bangsa ini. Mereka yang merasa memiliki tanggung jawab untuk memperjuangkan dan menjaga negeri ini dari penjajahan terdahulu.

Karena rasa cinta dan rasa tanggung jawabnya yang besar pada negara ini, mereka rela mati sebagai syuhada di medan perang demi membela negaranya.

Hadirin sekalian yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta’aala. Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa, marilah kita berjuang dengan segenap jiwa dan raga demi kemuliaan negara ini.

Perjuanga itu bisa dilakukan dengan cara belajar dan mengisi hidup kita dengan berbagai hal bermanfaat yang berguna bagi diri sendiri dan sesama.

Hadirin sekalian yang berbahagia. Ringkasan dari pidato tentang cinta tanah air yang baru saja saya sampaikan yakni, selama hayat masih dikandung badan, marilah kita curahkan seluruh jiwa dan raga untuk memajukan dan memakmurkan tanah air kita, Indonesia.

Akhir kata, apabila terdapat kekhilafan dan kesalahan mohon dimaafkan yang seluas-luasnya.

Terimakasih. Wabillahittaufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Contoh 3:

Ptcta Contoh3
gambarkartun.pro

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh.

Yang terhormat, bapak/ ibu juri lomba pidato tingkat SMA se-Kota Bandung

Yang saya hormati, bapak/ ibu tamu undangan

Serta teman-teman semua yang berbahagia

Cinta tanah air merupakan salah satu nilai moral bangsa yang luhur yang kian hari kian menipis. Terbukanya pasar bebas dan budaya luar yang masuk tanpa filtering menjadi salah satu penyebab hilangnya rasa cinta tanah air dan adat budaya yang ada di dalamnya.

Terlebih pada era modern sekarang ini, sulit sekali menemukan remaja yang menghormati dan bangga akan ideologi negaranya sendiri. Bahkan terkadang mereka yang tinggal di luar negeri malu mengakui bahwa dirinya berasal dari Indonesia.

Hadirin yang saya hormati. Menumbuhkan rasa cinta pada tanah air memang tidak mudah. Kecintaan ini harus dihadirkan dalam kesadaran diri yang penuh tanpa paksaan siapapun, bahkan sejak dini.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan, jika kita memiliki adik atau anak kecil di rumah, kita bisa bercerita tentang sejarah perjuangan para pahlawan sebagai pengganti dongeng anak.

Hadirin yang berbahagia. Jika kita sebagai seorang pelajar, ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai wujud rasa cinta kita pada tanah air.

Sebagai contohnya, kita bisa belajar dengan sungguh-sungguh sebagai wujud usaha kita untuk menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan berkualitas. Selain itu, kita juga bisa selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan bahasa daerah kita saat berkomunikasi.

Hadirin yang saya hormati. Mencintai tanah air juga bisa kita lakukan dengan cara menghormati simbol-simbol negara, seperti bendera merah putih dan lambang burung garuda. Sangat tidak pantas jika kita menggunakan bendera merah putih sebagai serbet atau bahkan kain pel.

Selanjutnya, salah satu bentuk wujud cinta tanah air adalah dengan mencintai produk dalam negeri. Meskipun saat ini banyak barang impor yang beredar di negeri kita, kita harus yaking bahwa kualitas produk lokal mampu bersaing dengan produk impor.

Hadirin yang berbahagia. Melaksanakan upacara setiap hari senin bagi intansi yang mengadakannya juga termasuk bentuk cinta tanah air. Di dalam upaca bendera itu sendiri banyak sekali symbol-simbol negara yang bisa kita lestarikan.

Seperti menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan kepada bendera merah putih, menyanyikan lagu-lagu nasional, dan menyimak berbagai pembacaan teks-teks upacara.

Selain itu, wujud cinta tanah air bisa kita lakukan dengan tindakan-tindakan kecil sehari-hari seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

Dengan menjaga lingkungan sekitar, kita telah mewujudkan rasa cinta pada tanah air. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, dan melakukan kegiatan sosial seperti menyantuni anak yatim, gotong royong juga merupakan perwujudan rasa cinta tanah air.

Hadirin yang saya hormati. Sekolah merupakan tempat yang tepat untuk memupuk dan menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Selain melaksanakan upacara bendera, kita bisa juga mempelajari tempat-tempat bersejarah dan budaya, seperti candi, kebudayaan lokal, dan tarian daerah.

Di sekolah juga kita bisa mengenal para pahlawan dengan mempelajari sejarah terdahulu. Memperingati hari pahlawan, hari kartini, dan hari kemerdekaan juga merupakan wujud dari cinta tanah air.

Hadirin yang berbahagia. Hanya ini yang bisa saya sampaikan.

Semoga terdapat hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari paparan ini. Terimakasih. Akhir kata, wabilahittaufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Contoh 4:

Pidato Tentang Cinta Tanah Air. Contoh 4
nusantaranews.co

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua. Yang terhormat kepala sekolah SMA Negeri 23 Kota Banadung, yang terhormat bapak/ ibu guru dan staff tata usaha, serta teman-teman yang saya banggakan.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wa ta’aala karena atas limpahan rahmatnya, kita masih bisa berkumpul di tempat ini.

Hadirin sekalian, dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan sedikit pemaparan pidato tentang cinta tanah air.

Cinta akan selalu berhubungan dengan rasa suka dan sayang. Jika kita sudah suka dan sayang kepada tanah air Indonesia, maka kita akan cinta juga.

Sering kita mendengar pepatah yang berbunyi “Tak kenal maka tak sayang”. Maka dari itu, kita harus mengenali tanah air kita terlebih dahulu agar tumbuh rasa sayang dan cinta.

Dalam kutipan naskah Sumpah Pemuda yang berbunyi “Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia”.

Melalui kutipan itu sudah jelas bahwa kita ini bertanah air Indonesia. Maksud tanah air Indonesia adalah seluruh bumi Indonesia yang terdiri dari darat dan lautan, dari Sabang sampai Merauke.

Rasa cinta tehadap tanah air ini sangatlah penting. Tanpa ada rasa cinta, kita tidak akan merasa memiliki tanah air. Dengan rasa memiliki yang tumbuh dari rasa cinta, maka kita akan senantiasa berusaha untuk selalu menjaga tanah air ini dari ancaman dan gangguan pihak manapun.

Hadirin yang berbahagia. Hari-hari ini, banyak masyarakat kita yang lebih bangga membeli dan menggunakan produk-produk luar negeri.

Padahal dengan membeli dan memakai produk dalam negeri merupakan salah satu bentuk rasa cinta kita kepada tanah air. Karena dengan hal itu kita turut membantu dalam peningkatan ekonomi negara.

Hadirin sekalian. Bentuk rasa cinta tanah air juga bisa diaplikasikan dalam bentuk prestasi. Karena dengan prestasi bisa dijadikan ajang untuk mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

Dengan prestasi juga, kita bisa membuat bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas. Bangsa yang cerdas menunjukkan ciri dari kemajuan suatu bangsa. Dan kemajuan suatu bangsa, tidak terlepas dari rasa cinta tanah air yang dimiliki masyarakatnya.

Berbahasa sehari-hari dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga merupakan bentuk rasa cinta kepada tanah air.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka identitas bangsa ini tidak akan hilang.

Semoga pemaparan tentang rasa cinta tanah air yang baru saja saya sampaikan tidak hanya sekedar wacana berupa lisan maupun tulisan, dan semoga dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, mohon maaf atas segala kesalahan dalam lisan maupun tingkah laku.

Wabilahittaufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Leave a Comment

error: device_error