Inilah Beberapa Peluang Usaha Ternak yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Berbicara tentang hewan, begitu banyak hewan-hewan yang bisa dijadikan peluang usaha ternak. Hewan-hewan yang dapat diternakan dan dijadikan peluang usaha tersebut banyak yang berasal dari Indonesia ataupun dari negara lain.

Usaha ternak merupakan jenis usaha yang tidak akan pernah ada matinya. Hal tersebut dikarenakan hewan-hewan yang dapat diternakan ini menjadi pemenuh kebutuhan gizi atau sekedar hobi dalam berkuliner.

Selain dijadikan pemenuh kebutuhan gizi dan hobi, hewan-hewan ini juga banyak yang dijadikan sebagai hewan peliharaan. Apa sajakah hewan-hewan yang dapat diternakan dan dijadikan peluang usaha tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Isi

1. Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh

Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh
nzbirdsoline(dot)org(dot)nz

Burung puyuh termasuk dalam jenis burung yang berukuran kecil-menengah. Hewan ini merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang sama seperti burung unta dan kasuari. Di Indonesia sendiri, banyak mereka yang sukses dalam menekuni bisnis ternak/ budidaya burung puyuh.

2. Peluang Usaha Ternak Burung Walet

Peluang Usaha Ternak Burung Walet
thespruce(dot)com

Burung walet adalah burung yang biasa terlihat dan bersarang di bangunan atau gedung-gedung kosong yang sengaja disediakan untuk menjadi tempat berkembangbiaknya burung walet.

Sejak dulu, sarang burung walet ini sudah diyakini memiliki berbagai manfaat dalam kesehatan. Tak heran jika banyak orang yang mencoba peruntungan bisnisnya melalui ternak burung walet ini.

3. Peluang Usaha Ternak Burung Kenari

Peluang Usaha Ternak Burung Kenari
pets4homes(dot)co(dot)uk

Dalam bentuk dan ukurnnya, burung ini sekilas terlihat seperti burung emprit/ pipit yang biasa kita lihat di sawah. Akan tetapi, burung kenari ini memiliki suara kicauan yang indah dan merdu. Sehingga burung ini banyak diminati oleh para pecinta burung.

Dikarenakan banyaknya pecinta burung kenari, jenis burung ini sangat berpeluang untuk anda jadikan peluang usaha yang cukup menggiurkan.

4. Peluang Usaha Ternak Burung Lovebird

Peluang Usaha Ternak Burung Lovebird
handfeedingformula(dot)com

Burung lovebird merupakan jenis burung yang memilki bulu indah dan berwarna-warni. Bentuk dan ukuran badannya sekilas sangat mirip dengan burung parkit. Selain berpatokan pada warna bulu yang indah, ukuran dari burung ini juga mempengaruhi harga dalam usaha ternak burng lovebird ini.

5. Peluang Usaha Ternak Parkit

Peluang Usaha Ternak Burung Parkit
thesprucepets(dot)com

Pada paragraf sebelumnya, saya menjelaskan bahwa lovebird memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang sama dengan burung parkit. Akan tetapi burung parkit tidak memiliki bulu yang indah seperti burung lovebird. Burung parkit lebih termasuk ke dalam jenis burung yang memiliki keunikan dalam kicauannya.

Karena ketika burung parkit ini berkicau, burung ini lebih terdengar seperti seseorang yang ‘cerewet’.

6. Budidaya Lebah Madu

Budidaya Lebah Madu
extension(dot)unh(dot)edu

Siapa yang sangat menyukai madu? Madu sudah diyakini sejak dulu memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Oleh sebab itu, budidaya lebah madu akhir-akhir ini menjadi salah satu peluang usaha yang banyak diminati orang-orang.

7. Budidaya Tarantula

Budidaya Tarantula
petco(dot)com

Peluang usaha ternak lainnya adalah budidaya tarantula. Mungkin kebanyakan orang akan merasa merinding ketika melihat apalagi memegang hewan yang satu ini.

Tapi tahukah anda bahwa hewan ini adalah salah satu hewan peliharaan yang eksotik dan memiliki harga yang cukup tinggi?

8. Budidaya Kelabang

Budidaya Kelabang
pinterest(dot)com

Sama sperti tarantula, mungkin kebanyakan orang akan mencoba menghindari hewan yang satu ini dikarenakan rumor hewan beracun yang disandangnya.

Akan tetapi diluaran sana masih terdapat orang-orang yang menjadi kolektor hewan eksotik yang satu ini.

9. Budidaya Kalajengking

Budidaya Kalajengking
insider(dot)com

Selain tarantula dan kelabang, hewan peliharan yang tak biasa lainnya adalah kalajengking. Kalajengking terkenal karena kebiasaannya yang akan menyengat musuhnya dengan penyengat yang terdapat di ujung ekornya.

Di beberapa daerah, kalajengking dijadikan salah satu makanan yang tergolong dalam kuliner ekstrim. Akan tetapi tak sedikit pula para penghobi hewan eksotik yang menjadikan kalajengking sebagai hewan peliharaannya.

10. Budidaya Jangkrik

Budidaya Jangkrik
successfulworkplace(dot)org

Jangkrik biasanya dibudidayakan karena memiliki nilai jual sebagai pakan dari beberapa burung kicauan. Budidaya hewan ini terbilang mudah karena pemeliharaannya yang simpel dan tidak terlalu memerlukan tempat yang besar.

11. Budidaya Ulat Hongkong

Budidaya Ulat Hongkong
rainbowmealworms(dot)net

Selain jangkrik, ulat hongkong juga memiliki peluang usaha yang memiliki nilai jual. Ulat hongkong biasa dijadikan pakan dari hewan lainnya seperti burung, amfibi, reptil, dan ikan.

12. Budidaya Ulat Sutra

Budidaya Ulat Sutra
eol(dot)org

Ulat sutra dibudidayakan karena ulat ini dapat menghasilkan serat yang berasal dari kepompongnya. Dimana serat itu diijadikan bahan utama dalam pembuatan kain sutra yang memiliki nilai bisnis yang cukup tinggi.

13. Budidaya Kroto

Budidaya Kroto
klinesc(dot)blogspot(dot)com

Selain jangkrik dan ulat cina, kroto juga sering dijadikan pakan dari hewan lain, terutama sebagai pakan burung dan hewan unggas. Selain dijadikan pakan, kroto atau anak semut rangrang ini biasa dijadikan campuran bahan dalam umpan ikan.

14. Budidaya Cacing Tanah

Budidaya Cacing Tanah
weedemandreap(dot)com

Siapa yang menyangka bahwa cacing tanah dapat mendatangkan peluang usaha yang luar biasa? Manfaatnya yang dirasakan dalam dunia pertanian ialah dalam proses penyuburan dan penggemburan tanah lahan.

Dalam satu artikel diterangkan bahwa peluang usaha ternak cacing tanah ini dapat emncapai angka 300 juta per bulan. Akan tetepi pasar dari usaha ini adalah pasar ekspor seperti Jepang dan Belanda.

15. Budidaya Belatung

Budidaya Belatung
dairyhead(dot)com

Meskipun pada rupanya belatung ini terlihat menjijikan, ternyata belatung memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Salah satunya sebagai obat bagi penyandang diabetes. Disamping itu, belatung juga bermanfaat sebagai pakan burung dan ikan.

16. Budidaya Lintah

Budidaya Lintah
mtpr(dot)org

Dalam dunia medis, air liur dari lintah ini dimanfaatkan sebagai cairan obat suntik. Selain itu, lintah juga sempat populer menjadi salah satu pengobatan alternatif berupa terapi lintah yang salah satu manfaatnya dalam melancarkan peredaran darah.

17. Peluang Usaha Ternak Tikus Putih

Peluang Usaha Ternak Tikus Putih
squeaksandnibbles(dot)com

Pada dasarnya tingkat permintaan pasar tikus putih ini sangatlah besar. Akan tetapi masih sangat sedikit orang yang berusaha untuk menjalankan usaha ini.

Padahal tikus putih ini adalah hewan yang bisa dikategorikan sebagai hewan yang memiliki perkembangniakan yang cepat. Tikus putih biasanya dimanfaatkan sebagai makanan hewan peliharaan seperti ular dan biawak.

18. Peluang Usaha Ternak Hamster

Peluang Usaha Ternak Hamster
animalinfoworld(dot)com

Hamster adalah hewan yang tergolong dalam jenis hewan pengerat seperti tikus, marmut, kelinci, dll.

Hamster banyak diminati dikarenakan tubuhnya yang mungil dan dapat membentuk seperti bola-bola bulu yang lucu.

Sebagian orang Indonesia masih tertukar dan bingung untuk membedakan antara hamster dan marmut. Padahal, hamster adalah hewan yang memiliki tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan marmut.

19. Peluang Usaha Ternak Marmut

Peluang Usaha Ternak Marmut
inquirer(dot)com

Selain hamster, marmut juga termasuk dalam golongan hewan pengerat seperti tupai dan kelinci. Marmut biasanya dijual sebagai hewan peliharaan atau hewan potong yang dapat dikonsumsi dagingnya sama seperti kelinci.

Pada dasranya marmut adalah jenis hewan yang mudah untuk dikembangbiakan karena memiliki proses reproduksi yang cukup cepat.

20. Peluang Usaha Ternak Kelinci

Peluang Usaha Ternak Kelinci
islandsweekly(dot)com

Hewan yang satu ini memiliki jenis sangat banyak. Akan tetapi secara garis besar kelinci ini dibagi menjadi dua jenis, yakni jenis yang dipelihara sebagai hewan peliharaan (hewan hias), kemudian sebagai hewan potong yang dimanfaatkan dagingnya.

Daging kelinci dapat dijadikan berbagai macam kuliner yang menggugah selera, contoh yang sangat populer belakangan ini adalah sate kelinci.

21. Peluang Usaha Ternak Sugar Glider

Peluang Usaha Ternak Sugar Glider
popsugar(dot)com

Sugar glider tergolong dalam liar yang memiliki kantung sama seperti kangguru. Hanya saja bentuk dan ukuran tubuhnya lebih mirip dengan tupai.

Salah satu keunikan dari sugar glider adalah ia dapat berpindah dari tempat tinggi menuju tempat tinggi lainnya dengan cara yang seolah terlihat terbang. Bahkan sebagian orang menyebut hewan ini sebagai tupai terbang.

22. Peluang Usaha Ternak Kambing

Peluang Usaha Ternak Kambing
foodandwine(dot)com

Hewan yang satu ini adalah hewan yang memang sudah menjadi komoditas dalam dunia peternakan. Kambing biasanya diternakan dan dimanfaatkan sebagai hewan qurban atau hewan untuk keperluan aqiqah bayi yang baru lahir.

23. Peluang Usaha Ternak Sapi

Peluang Usaha Ternak Sapi
farmanddairy(dot)com

Selain kambing, sapi adalah salah satu hewan yang sudah sangat populer di seluruh dunia, terutama dalam dunia peternakan.

Hewan ini menjadi salah satu hewan yang banyak diternakan karenakan manfaatnya yang sangat banyak. Kulit, daging, dan susunya adalah bagian sapi yang sering diambil manfaatnya oleh manusia.

24. Peluang Usaha Ternak Kuda

Peluang Usaha Ternak Kuda
equinenow(dot)com

Kuda adalah salah satu hewan yang sudah sejak lama dimanfaatkan oleh manusia. Sebagai kendaranan perang, sebagai alat transportasi dan sebagai hewan pengangkut barang.

Fungsi kuda sampai hari ini tidak terlalu berubah secara signifikan. Di sebagian daerah di tanah air, kuda masih dijadikan sebagai salah satu alat transportasi tradisional, yakni delman. Selain itu pemanfaatan kuda lainnya dalah sebagai sarana utama dalam olahraga berkuda.

Bahkan disebagian kecil daerah, kuda dijadikan sebagai kuliner yang dipercaya dapat menambah energi dan vitalitas pada pria.

25. Budidaya Ikan Mujair

Budidaya Ikan Mujair
aquaportail(dot)com

Budidaya ikan mujair memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Dimana budidaya ikan mujair ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa ditekuni ataupun sebagai bisnis sampingan.

26. Budidaya Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame
fabledfish(dot)com

Ikan gurame adalah jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan selain ikan mujair. Jenis ikan ini memiliki rasa daging yang khas dan sangat lezat jika dibandingkan dengan ikan mas dan yang lainnya.

27. Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele
drycatfishsmoked(dot)com

Ikan lele adalah salah satu peluang usaha ternak yang banyak digemari oleh orang pada umumnya. Disamping rasanya yang lezat, ikan lele adalah jenis ikan yang bisa dikategorikan sebagai ikan yang mudah untuk dibudidayakan.

28. Budidaya Ikan Nila

Budidaya Ikan Nila
thehealthyfish(dot)com

Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang masih memiliki kekerabatan dengan ikan mujair dalam kemiripan sifatnya. Selain itu, ikan nila juga termasuk dalam jenis ikan yang mudah berkembang beranak pinak.

Di habitat aslinya, ikan nila banyak ditemukan di daerah perairan tawar seperti rawa, sungi, danau, dll.

29. Budidaya Ikan Gabus

Budidaya Ikan Gabus
ruinemans(dot)com

Ikan gabus dipercaya memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi. Oleh karena itu, jenis ikan ini adalah salah satu sumber makanan yang sangat baik dan dianjurkan pada anak-anak dalam usia pertumbuhan.

Selain itu, hewan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti:

  • Mengatasi penyakit diabetes
  • Mempercepat dalam proses penyembuhan luka
  • Menyembuhkan pembengkakan pada tubuh, dll.

30. Budidaya Ikan Kakap

Budidaya Ikan Kakap
flickr(dot)com

Ikan kakap merupakan jenis ikan yang banyak diminati oleh banyak orang. Selain itu, ikan kakap juga memiliki nilai jual yang terbilang cukup tinggi. Sehingga ikan ini menjadi peluang usaha ternak yang dapat meraup keuntungan yang menggiurkan.

31. Budidaya Ikan Arwana

Budidaya Ikan Arwana
aquariumshop(dot)co(dot)in

Pada paragraf sebelum-sebelumnya kita telah membahas beberapa jenis ikan yang kerap dijadikan bahan makanan atau penghobi kuliner. Ikan hias yang satu ini adalah salah satu jenis ikan hias yang tergolong cukup mahal.

Akan tetapi, di beberapa daerah tempat ikan ini berasal masih menjadikan ikan arwana sebagai salah satu makanan dalam kehidupan sehari-harinya.

32. Budidaya Ikan Cupang

Budidaya Ikan Cupang
earth(dot)com

Ikan cupang adalah jenis ikan hias yang bisa dikatakan memiliki banyak peminat. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa menyukai jenis ikan ini.

Ikan ini disukai karena memiliki warna dan jenisnya yang bermacam-macam.

Secara garis besar, ikan ini dibagi menjadi dua kategori, yakni sebagai ikan hias dan sebagai ikan aduan. Selain itu, ikan ini adalah jenis ikan yang biasa diperlombakan dalam event-event tertentu.

Selain itu, ikan ini memiliki nilai usaha yang cukup menjanjikan, karena pasaran ikan ini sudah menyentuh pasar mancanegara.

33. Budidaya Ikan Gupi

Budidaya Ikan Gupi
animalwised(dot)com

Selain ikan arwana dan ikan cupang, ikan gupi adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan dan digemari oleh para pecinta ikan hias.

Bentuk tubuhnya hampir menyerupai ikan impun (orang Sunda menyebutnya begitu), akan tetapi memilki ekor yang lebih besar dan warna yang indah juga bermacam-macam.

34. Budidaya Kerang Darah

Budidaya Kerang Darah
udon-news(dot)com

Di sebagian besar wilayah Asia Timur, kerang darah merupakan jenis kerang yang sudah sangat popluer. Selain rasanya yang lezat, kerang ini pun memiliki kandungan gizi yang baik.

Selain itu, kerang ini dipercaya sebagai hewan yang mampu menghasilkan hemoglobin atau sel darah merah. Itulah mengapa kerang ini dinamani sebagai kerang darah.

35. Budidaya Kerang HIjau

Budidaya Kerang Hijau
sfrc(dot)ufl(dot)edu

Jenis kerang lain yang sering dijadikan bahan makanan adalah jenis kerang hijau. Konon katanya, gizi yang terkandung pada kerang ini dapat disetarakan dengan daging ayam bahkan daging sapi. Sehingga kerang ini kerap dijadikan makanan pengganti daging ayam dan sapi bagi mereka yang hidup di wilayah pesisir.

36. Budidaya Kerang Mutiara

Budidaya Kerang Mutiara
m(dot)dhgate(dot)com

Mutiara adalah salah satu jenis perhiasan selain emas yang banyak digemari, terutama oleh kaum hawa. Harga mutiara ini bisa dikatakan cukup mahal, oleh karena itu banyak pembudidaya kerang yang mencoba untuk mengembangkan jenis kerang ini.

Selain penghasil dari mutiara, daging dari kerang ini juga dapat dikonsumi seperti kerang darah dan kerang hijau.

37. Budidaya Udang Galah

Budidaya Udang Galah
aquaportail(dot)com

Udang galah banyak diminati oleh para penikmat kuliner terutama kuliner laut atau seafood. Jenis udang ini diminati karena ukurannya yang besar jika dibandingkan denga jenis udang lainnya.

38. Budidaya Udang Rebon

Budidaya Udang Rebon
queenslandcoast(dot)blogspot(dot)com

Udang rebon adalah jenis udang yang memiliki ukuran yang kecil, panjang tubuhnya hanya berkisar satu sampai tiga senti meter saja. Dalam bentuknya, udang rebon memiliki bentuk yang sama dengan udang pada umumnya. Akan tetapi udang ini memiliki garis merah-kecoklatan pada bagian ruas tubuhnya.

Udang rebon biasanya dijadikan sebagai bahan tambahan makanan dan bahan utama dari pembuatan terasi.

39. Budidaya Lobster Air Tawar

Budidaya Lobster Air Tawar
zoochat(dot)com

Lobster adalah jenis udang yang berukuran besar, akan tetapi memiliki struktur kulit yang lebih tebal. Lobster air tawar ini biasanya dijadikan sebagai hewan hias dalam aquarium.

Meskipun terbilang sebagai hewan hias, bukan berarti jenis lobster ini tidak bisa dikonsumsi. Jenis lobster ini tetap bisa dikonsumsi sebagaimana jenis lobster mutiara.

40. Budidaya Lobster Mutiara

Budidaya Lobster Mutiara
aquaportail(dot)com

Pada bentuk tubuhnya, lobster mutiara ini memiliki bentuk yang serupa dengan jenis udang atau lobster lainnya. Akan tetapi ukuran dari lobster ini terbilang besar. Selain ukurannya yang besar, lobster ini juga memiliki kulit tubuh yang keras. Di samping itu, lobster ini juga menghasilkan daging yang banyak.

41. Budidaya Kepiting Soka

Budidaya Kepiting Soka
kepitingsoka(dot)wordpress(dot)com

Kepiting soka bisa dikatakan jenis kepiting yang unik. Karena jenis kepiting ini memliki cangkang kulit yang lunak dan sangat berbeda jika dibandingkan dengan jenis kepiting lainnya.

Harga kepiting soka bisa dibilang tinggi karena keunikan kuling cangkangnya yang lunak dan mudah dibuka.

42. Budidaya Kepiting Bakau

Budidaya Kepiting Bakau
steemit(dot)com

Kepiting bakau banyak diminati para pecinta seafood karena memiliki daging yang lezat dan tebal. Salah satu kelebihan dari jenis kepiting ini adalah memiliki daya adaptasi yang cukup baik meskipun bukan berada di habitat aslinya.

Jenis kepiting ini dapat dikembangkan diberbagai macam jenis perairan seperti air tawar, air payau, air asin (laut), ataupun tambak. Sehingga kepiting bakau dapat dikategorikan sebagai hewan air yang mudah untuk dikembangbiakan.

43. Budidaya Belut

Budidaya Belut
photo(dot)trubus(dot)id

Belut adalah jenis hewan air yang biasa dijumpai di area persawahan, pinggiran sungai, pinggiran danau, ataupun rawa-rawa. Pada habitat aslinya, belut bersarang dengan cara melubangi atau mendiami lubang yang terdapat dipermukaan tanah yang dekat dengan sumber air.

Dikarenakan belut memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, maka permintaan pasar pada hewan ini pun menjadi tinggi. Selain itu, belut ini termasuk dalam jenis hewan air yang mudah dibudidayakan jika dibandingkan dengan jenis hewan air lainnya.

Sehingga budidaya pada hewan ini mulai berkembang pesat akhir-akhir ini.

44. Budidaya Keong

Budidaya Keong
ajietani(dot)blogspot(dot)com

Keong adalah hewan air yang banyak dijumpai pada daerah perairan yang banyak ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan air seperti eceng gondok, dll.

Keong biasanya dimanfaatkan oleh manusia sebagai pakan ternak sumber protein. Akan tetapi terdapat beberapa jenis keong yang bisa dijadikan bahan makanan atau kuliner yang lezat, contohnya seperti keong tutut (orang Sunda menyebutnya begitu).

45. Peluang Usaha Ternak Ayam Kalkun

Peluang Usaha Ternak Ayam Kalkun
carperfarms(dot)com

Pernahkah anda mengetahui tentang ternak ayam kalkun? Ayam kalkun adalah unggas yang memiliki postur tubuh yang besar jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Bahkan rentangan sayapnya dapat mencapai 1-1,8 meter. Ayam kalkun bronze adalah jenis yang biasa diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya.

46. Peluang Usaha Ternak Ayam Kate

Peluang Usaha Ternak Ayam Kate
123rf(dot)com

Ayam kate termasuk dalam jenis ayam hias. Ayam jenis ini dijadikan hewan peliharaan (hias) dikarenakan ayam ini memiliki ukuran tubuh yang mungil. Dikarenakan ukuran tubuh yang mungil inilah, ayam kate memiliki nilai yang unik bagi para pecinta hewan hias.

47. Peluang Usaha Ternak Ayam Petelur (Horen)

Peluang Usaha Ternak Ayam Petelur
pertanianku(dot)com

Jenis unggas ini adalah hewan yang sudah sangat populer dalam dunia peternakan. Pasalnya, ayam petelur ini adalah penyuplai telur yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas dalam memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidupnya.

48. Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung
inspirasipertanian(dot)com

Ayam kampung bisanaya tidak dibudidayakan secara massal sebagaimana ayam petelur dan pedanging. Ayam kampung banyak diminati karena perkembangbiakannya yang alami tanpa menggunakan berbagai macam zat kimia.

Dikarenakan tanpa tersentuh oleh zat-zat kimia, rasa dari daging dan telur ayam ini memiliki cita rasa yang khas, jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

49. Peluang Usaha Ternak Ayam Negeri (Pedaging)

Peluang Usaha Ternak Ayam Negeri
ayamkita(dot)com

Selain ayam petelur, ayam pedaging adalah jenis ayam yang biasa dikembangbiakan dalam dunia peternakan. Ayam ini banyak dikembangkan karena permintaan pasar yang sangat tinggi.

Disamping permintaan pasar biasa seperti konsumen rumahan, ayam pedaging ini juga memiliki permintaan yang tinggi pada pasaran horka (hotel, restoran, dan katering).

50. Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur

Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur
arenahewan(dot)com

Budidaya bebek petelur merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang gemar memelihara hewan, dalam hal ini adalah hewan unggas. Selain menyenangkan, budidaya bebek petelur juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang menguntungkan.

Dikatakan demikian karena di Indonesia sendiri banyak sekali para penikmat daging atau telur dari hewan yang satu ini. Daging dari bebek petelur biasanya diolah menjadi berbagai macam kuliner seperti bebek goreng, pecel bebek, dll.

51. Peluang Usaha Ternak Bebek Peking

(Pedaging)

Peluang Usaha Ternak Bebek Peking
hobiternak(dot)com

Bebek peking adalah jenis bebek pedaging unggulan yang berasal dari China. Jenis bebek ini memiliki ciri fisik yang cukup gemuk dan memiliki warna bulu yang putih.

Jenis bebek ini sering dijadikan pilihan oleh para peternak dikarenakan daya tahan tubuh bebek ini yang ‘bandel’ terhadap serangan penyakit unggas.

52. Peluang Usaha Ternak Burung Merpati

Peluang Usaha Ternak Burung Merpati
omkicau(dot)com

Peluang usaha ternak selanjutnya adalah burung merpati. Burung merpati merupakan hewan yang mudah untuk diternakan. Coba saja anda membeli sepasang burung merpati, kemudian rutin dalam memberi pakannya, niscaya burung ini akan berkembang biak dengan cepat.

Tanpa perlu perlakuan yang khusus, burung ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Manfaat yang biasa diambil dari jenis burung ini yakni sebagai bahan makanan seperti goreng burung merpati, pecel burung merpati dll. Selain sebagai bahan makanan, burung merpati digunakan sebagai media dalam perlombaan/ balap burung.

Burung merpati yang sering memenangkan perlombaan, harganya akan naik secara drastis, mulai dari puluhan, bahkan ratusan juta.

53. Peluang Usaha Ternak Angsa

Peluang Usaha Ternak Angsa
qz(dot)com

Angsa adalah hewan unggas yang memiliki tubuh yang cukup besar. Daging dari angsa ini dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner yang lezat seperti rica-cica, dipanggang, dll.

Selain dagingnya, angsa juga dimanfaatkan telurnya. Telur angsa yang berukuran besar memiliki daya tarik tersendiri ketika dimnafaatkan sebagai makanan.

54. Budidaya Katak Pacman

Budidaya Katak Pacman
thetyedyediguana(dot)com

Katak pacman adalah jenis katak yang berasal dari wilayah Amerika bagian selatan. Katak ini memiliki bentuk badan yang gemuk dan cenderung terlihat bulat.

Jenis katak ini banyak dijadikan hewan peliharan yang unik. Dikatakan demikian karna katak ini memiliki warna dan corak totol tubuh yang beraneka ragam. Warna yang dimiliki katak ini beraneka ragam seperti hijau, hijau muda, tosca, hijau tua, bahkan albino.

Harga dari satu ekor katak pacman ini dibandrol dengan harga 250-350 ribu, bergantung pada warna dan ukuran tubuh si katak.

55. Budidaya Katak Lembu (Bullfrog)

Budidaya Katak Bullfrog
kbia(dot)org

Katak lembu atau bullfrog adalah jenis katak yang menarik unutk dijadikan menu kuliner. Katak yang berukuran besar ini biasa dijadikan menu kuliner yang unik karena daging yang dihasilkannya dipercaya mengandung gizi yang tinggi.

Akan tetpi masih sedikit dari para peternak di tanah air yang mencoba peruntungan dalam budidaya katak lembu ini. Padahal, pasaran katak ini sudah menembus pasar ekspor Indonesia. Wow, luar biasa!

56. Budidaya Buaya

Budidaya Buaya
time(dot)com

Siapa yang menyangka bahwa hewan yang satu ini bisa dijadikan peluang usaha ternak yang menjanjikan? Hewan buas yang satu ini paling banyak dimanfaatkan kulitnya sebagai bahan dari berbagai macam bahan tas dan pakaian.

Bahkan di Arab Saudi, hewan ini dijadikan bahan makanan seperti buaya panggang. Wow!

57. Budidaya Biawak

Budidaya Biawak
busy(dot)org

Biawak atau para pecinta reptil biasa menyebutnya dengan sebutan nama latinnya yaitu salvator. Hewan yang satu ini diminati sebagai salah satu hewan peliharaan yang unik dan eksotis.

Akan tetapi, di beberapa daerah di Indonesia, biawak ini banyak diburu untuk dijadikan makanan.

58. Budidaya Ular Python

Budidaya Ular Python
infoworld(dot)com

Selain biawak, ular python merupakan hewan eksotis yang biasa dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian para pecinta reptil.

Dikarenakan ular ini memiliki peminat dari para pecinta reptil, maka ular ini memiliki nilai rupiah yang bisa anda coba peruntungannya.

59. Budidaya Ular Kobra

Budidaya Ular Kobra
theanimaltoday(dot)com

Konon katanya, ular kobra dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, seperti obat kulit, menyembuhkan asma, dll.

Bagian ular kobra yang biasa dimanfaatkan oleh sebagian orang adalah daging dan empedunya. Empedu dan daging ular kobra ini dipercaya dapat meningkatkan stamina dan vitalitas bagi kaum pria.

60. Budidaya Kura-kura Brazil

 Budidaya Kura-kura Brazil
thesprucepets(dot)com

Kura-kura Brazil adalah jenis kura-kura yang sangat familiar dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian besar pecinta reptil. Kura-kura ini dipilih sebagai hewan peliharaan karena perawatannya yang relatif mudah.

61. Budidaya Tokek

Budidaya Tokek
morphmarket(dot)com

Tokek adalah hewan yang masih memiliki kekerabatan sangat dekat dengan cicak. Hal itu dikarenakan bentuk dari tokek dan cicak ini rlatif mirip. Hanya saja tokek memiliki suara yang khas dan lebih besar jika dibandingkan dengan cicak.

Konon katanya, tokek adalah hewan yang dapat menyembunya penyakit kulit. Selain itu, tokek juga sering dijadikan hewan peliharaan yang unik, jenis dari tokek yang sering dijadikan peliharaan adalah jenis tokek leopard.

62. Budidaya Iguana

Budidaya Iguana
yourfishstore(dot)com

Iguana merupalan jenis reptil yang banyak digemari oleh para pecinta reptil. Jenis iguana yang  pada umumnya dijadikan hewan peliharaan adalah jenis dari iguana hijau. Iguana hijau dipilih sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang jinak, lincah, dan tidak membahayakan, tidak seperti jenis iguana lain.

danuadji.com

Leave a Comment

error: device_error