Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Agar Tetap Hemat Hingga Akhir Bulan

Bingung setiap bulan uang gajimu habis gak jelas? Terlebih gajimu cuma 2 juta? Hmmm sulit :D. Nih simak, cara mengatur uang gaji 2 juta biar kamu tetap hemat.

Tujuan yang diraih dari bekerja yaitu mendapatkan gaji, namun bagaimana jadinya jika gaji yang didapatkan hanya sebesar 2 juta dalam sebulan?

Tentu kamu akan merasa bingung bagaimana cara mengatur uang gaji 2 juta selama sebulan, kan?

Terlebih lagi jika kamu mempunyai tanggungan lainnya seperti orang tua, istri, atau bahkan anak.

Bagi sebagian orang menganggap pendapatan atau uang gaji 2 juta merupakan jumlah yang terbilang kecil, tapi bagi sebagian orang lainnya gaji 2 juta mungkin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baik gaji besar ataupun kecil, mengatur keuangan itu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Hal tersebut penting dilakukan agar kamu bisa memastikan kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dan dapat mempersiapkan masa depan.

Mengelola keuangan tidaklah sulit untuk dilakukan, apabila kamu sudah membuat anggaran pengeluaran terlebih dahulu.

Tentu saja bukan hanya membuatnya, tetapi ketika menggunakan uang gaji, kamu juga harus selalu berpatokan pada anggaran pengeluaran yang sudah dibuat.

Sebisa mungkin menahan diri untuk tidak melebihi anggaran agar gaji yang kamu dapatkan bisa terkelola dengan baik.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatur uang gaji 2 juta selama sebulan.

1. Menentukan Aturan Pengelolaan Keuangan yang Tepat

Dalam mengatur keuangan, kamu harus menentukan metode yang tepat. Terdapat dua metode yang dapat kamu terapkan dalam rangka mengatur uang gaji 2 juta selama sebulan, yaitu:

  1. Metode 50/30/20.
  2. Metode 80/20.

1.1. Mengatur Uang Gaji 2 Juta dengan Metode 50/30/20

Pada metode 50/30/20, berarti 50% dari gaji, kamu gunakan untuk kebutuhan setiap hari seperti membayar tagihan bulanan, cicilan, dan makan.

30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan atau bahkan melunasi hutang.

1.2. Mengatur Uang Gaji 2 Juta dengan Metode 80/20

Sedangkan pada metode 80/20, berarti 80% dari gaji digunakan untuk kebutuhan, dan 20% digunakan untuk tabungan.

Apabila kamu memilih untuk menggunakan metode 80/20, maka keinginan kamu harus dikesampingkan dan dialokasikan ke kebutuhan.

Dalam menentukan metode yang tepat tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki.

Apabila kebutuhan kamu terbilang cukup banyak, maka kamu bisa menggunakan metode 80/20, sedangkan apabila kebutuhan kamu tidak terlalu banyak seperti hanya kurang dari 1 juta selama sebulan, maka kamu dapat memilih untuk menggunakan metode 50/30/20.

1.3 Contoh Penerapan Metode dalam Mengatur Uang Gaji 2 Juta

Sebagai contoh, apabila gaji kamu sebesar 2 juta dan dalam sebulan memiliki kebutuhan dengan jumlah kurang dari 1 juta maka kamu menggunakan metode 50/30/20.

50% dari 2 juta yaitu sebesar 1 juta dapat digunakan untuk kebutuhan, 30% dari 2 juta yaitu sebesar 600 ribu dapat kamu gunakan untuk keinginan, dan 20% dari 1 juta yaitu sebesar 200 ribu dapat kamu gunakan untuk menabung.

Sedangkan apabila kamu memiliki kebutuhan yang berjumlah banyak, kamu dapat menggunakan metode 80/20, dengan contoh perhitungan sebagai berikut:

80% dari 2 juta yaitu 1,6juta kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dan 20% dari 2 juta yaitu sebesar 400 ribu dapat kamu gunakan untuk menabung.

Akan tetapi, apabila pada kenyataannya kebutuhan sehari-hari yang kamu miliki bernilai lebih dari 1,6 juta, hal tersebut bukan merupakan suatu masalah.

Asalkan kamu harus tetap bisa menabung sesuai dengan kemampuanmu, seperti menyisihkan 200 ribu per bulan untuk tabungan, jadi sisa gaji kamu sebesar 1,8 juta dapat kamu maksimalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Membuat Laporan Keuangan dengan Rinci

Mengatur Gaji Agar Tetap Hemat Hingga Akhir Bulan
Ilustrasi (pixabay.com)

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengatur uang gaji 2 juta yaitu dengan membuat sebuah laporan keuangan yang rinci.

Isi dari laporan keuangan tersebut yaitu semua pendapatan ataupun pemasukan setiap bulan serta pelbagai pengeluaran yang sudah kamu habiskan selama satu bulan.

Laporan keuangan yag kamu buat sebisa mungkin harus detail dan rapi.

Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan cara membuat kategori bagi setiap pengeluaran, seperti mengkategorikan pengeluaran yang bersifat pasti di setiap bulannya, seperti sewa kos, cicilan motor, asuransi, tagihan listrik, tagihan internet, dan pengeluaran lainnya.

Membuat laporan keuangan dengan rinci dapat membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran kamu.

Apabila pengeluaran yang kamu keluarkan sudah mendekati anggaran yang kamu buat sebelumnya, maka kamu bisa mulai membatasinya dengan cara berhemat.

Pastikan untuk selalu mencatat setiap pengeluaran setiap hari walaupun jumlahnya hanya recehan, seperti membayar parkir 2 ribu juga harus kamu catat dalam laporan keuangan tersebut.

3. Bayar Tagihan Secara Otomatis

Kamu bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan secara otomatis di awal bulan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa terhindar dari keterlambatan pembayaran tagihan.

Apabila tagihan dibayar tepat waktu, maka risiko terkena denda semakin berkurang. Sehingga, pengeluaran setiap bulan yang sudah dianggarkan sebelumnya tidak akan terganggu.

Cara ini juga sangat efektif dilakukan oleh kamu yang tidak mempunyai waktu luang yang banyak, terlebih lagi kamu yang kesulitan membuat perencanaan keuangan yang jelas dan rinci dan sulit untuk menyisihkan uang untuk menabung.

4. Menghilangkan Pengeluaran dalam Jumlah yang Kecil

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengatur uang gaji 2 juta selama sebulan yaitu dengan menimimalkan pengeluaran.

Ketika membuat anggaran, sebisa mungkin kamu mempertimbangkan setiap pengeluaran yang akan digunakan.

Untuk pengeluaran dalam jumlah kecil dan tidak terlalu penting dapat kamu hilangkan dari anggaran.

Seperti contohnya pada langganan tv kabel, padahal kamu jarang sekali menonton tv, baiknya pengeluaran tersebut kamu hilangkan dan digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih bermanfaat.

5. Membuat Skala Prioritas

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Agar Tetap Hemat Hingga Akhir Bulan
Ilustrasi (pixabay.com)

Ketika mendapatkan gaji, kamu harus memiliki skala prioritas yang sudah disiapkan sejak awal bulan.

Kamu harus menentukan kebutuhan wajib (primer) terlebih dahulu yang dipenuhi, kemudian kebutuhan sekunder lainnya dapat kamu penuhi.

Adapun dalam pembuatan skala prioritas, setiap pengeluaran yang bersifat konsumtif harus berada pada daftar yang paling akhir dan kamu baru bisa memenuhi kebutuhan konsumtif tersebut apabila kebutuhan pokok sudah dapat terpenuhi dengan baik.

Pengeluaran konsumtif yang dapat kamu simpan pada daftar paling akhir contohnya yaitu, pergi jalan-jalan, menonton bioskop, perawatan ke salon, dan sebagainya.

6. Menyediakan Rekening Khusus

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara mengatur uang gaji 2 juta dengan baik yaitu dengan menyediakan rekening untuk menabung secara khusus.

Sebisa mungkin jangan tercampur dengan rekening yang kamu gunakan untuk melakukan transaksi.

7. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Agar Tetap Hemat Hingga Akhir Bulan
Ilustrasi (pixabay.com)

Penyakit merupakan salah satu pengeluaran tak terduga yang dapat mengacaukan pengaturan keuangan kamu.

Oleh karena itu kamu harus selalu menjaga kesehatan agar kamu bisa terbebas dari penyakit.

Saat ini banyak sekali masyarakat yang memiliki pola hidup tidak sehat sehingga rawan terkena penyakit kritis.

Pola hidup tak sehat yang sering ditemui yaitu seperti merokok, begadang, minum-minuman keras, mengkonsumsi makanan dengan gula berlebih, dan sebagainya.

Apabila kamu merupakan salah satu orang yang masih menjalankan pola hidup seperti di atas, maka sebaiknya mulai hindari sekarang juga.

8. Menyisihkan Uang Gaji 2 Juta Mu untuk Ditabung

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Agar Tetap Hemat Hingga Akhir Bulan
Ilustrasi (pixabay.com)

Cara mengatur uang gaji sebesar 2 juta per bulan dapat dilakukan dengan cara menabung secara rutin di awal bulan.

Metode ini dapat kamu lakukan dengan cara memotong gaji pada tabungan dan usahakan untuk tidak mengambil uang tabungan tersebut apabila tidak darurat.

Selain itu kamu juga dapat menyisihkan beberapa nominal untuk ditabung secara konsisten.

Cara lain untuk menabung yaitu dengan mengumpulkan uang yang bernilai recehan seperti kembalian saat berbelanja.

Walaupun nominalnya tidak besar, namun jika dilakukan secara konsisten terus menerus maka hasilnya juga akan lumayan.

Demikianlah beberapa cara sederhana untuk mengatur uang gaji 2 juta agar cukup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jangan lupa untuk selalu mendahulukan kebutuhan pokok dibanding kebutuhan lainnya yang tidak terlalu penting.

Terima kasih banyak, semoga bermanfaat!

Leave a Comment

error: device_error