Contoh Pidato Tentang Kejujuran Dalam Belajar di Sekolah

Pidato memiliki artian umum sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dengan menggunakan lisan pada masyarakat umum. Pidato tentang kejujuran.

Namun ada juga yang menyatakan bahwa pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengungkapkan pikiran, ide, maupun gagasan secara lisan.

Pidato sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan berorasi di depan umum dalam rangka menyampaikan pendapat atau gagasan terhadap suatu hal atau kondisi yang sedang berkembang saat ini.

Pidato sangat penting dilakukan karena bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain yang akan dituju, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Pesan yang disampaikan secara langsung, biasanya dalam bentuk suatu imbauan dan ajakan. Sedangkan, pesan yang disampaikan secara tidak langsung, pada umumnya tersirat di dalam setiap pernyataan yang disampaikan dalam pidato.Pidato tentang kejujuran.

Pidato dapat juga disebut dengan orasi. Orator merupakan seorang individu yang sedang menyampaikan pidato.

Individu tersebut berbicara secara langsung pada pembicara, di atas podium atau mimbar untuk menyampaikan isi yang dibicarakan pada pendengar.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya.

Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Pidato tentang kejujuran.

Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Contoh Pidato Tentang Kejujuran Dalam Belajar di Sekolah [Terbaru]

Pertama-tama marilah kita semua panjatkan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Atas berkat serta karuniaNya kita semua pada hari ini telah diberikan nikmat sehat wal’afiat.

Tak lupa juga kita haturkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabiyullah Muhammad SAW. Kepada keluarganya, dan para sahabatnya serta kita semua sebagai umatnya.

Belajar merupakan kewajiban setiap manusia untuk menuntut ilmu dan menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Seperti kita disini di sekolah kita belajar bersama-sama. Kita belajar di sekolah mulai tingkat dasar hingga yang paling tinggi sesuai kemampuan. Dalam belajar di dalam sekolah pentingnya kita menerapkan kejujuran.

Sering kali kita belajar di sekolah tanpa menerapkan kejujuran seperti mencontek saat ujian ataupun saat mengerjakan tugas.

Padahal kita bersekolah bukan di tuntut untuk mengejar nilai atau mendapatkan ijazah dengan cara apapun. Tapi kita bersekolah hanya untuk memahami dan mengerti apa yang kita pelajari.

Jika kita memang tidak mampu atau tidak mengerti mengerjakan tugas maupun ujian berarti kemampuanmu belum siap untuk menerima ilmu ketingkat selanjutnya dan menetap sementara untuk memahaminya kembali. Pidato tentang kejujuran.

Dengan menerapkan kejujuran dalam belajar kamu akan memahami sertiap ilmu yang dipelajari. Tanpa kejujuran kita hanya berjalan di kegelapan tanpa tau arah. Pidato tentang kejujuran.

Demikian saja yang dapat disampaikan untuk saat ini. Semoga dari banyaknya kalimat yang keluar dari bibir ini terdapat manfaatnya bagi kita dalam menerapkan kejujuran dalam belajar di sekolah.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan ini dan memohon maaf apabila ada kesalahan.

Wa billahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak hanya dalam belajar di sekolah, kejujuran patut dipakai dalam setiap aspek kehidupan. Itulah salah satu contoh pidato tentang kejujuran dalam belajar di sekolah.

Semoga bisa dijadikan referensi ketika kamu hendak berpidato. Selamat mencoba!

Leave a Comment

error: device_error