Bentang Alam Benua Asia Sangat Luaaas, Sudahkah Kamu Tahu?

Selain memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk dengan jumlah yang besar, benua Asia juga memiliki beragam bentang alam di dalamnya lho!

Penasaran kan ada apa aja bentang alam di benua Asia? Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak penjelasan di bawah mengenai bentang alam benua Asia 😉

Letak dan Luas Wilayah Benua Asia

Benua Asia merupakan benua yang memiliki luas hampir 1/3 daratan di muka bumi dengan luas wilayah sebesar 44 juta km persegi.

Apabila dilihat secara geografisnya, benua Asia memiliki batas wilayah sebagai berikut:

  1. Batas barat: benua Eropa yang dibatasi oleh Pegunungan Aral, Laut Laspia, dan Laut Merah
  2. Batas timur: Samudra Pasifik
  3. Batas selatan: Samudra Hindia dan benua Australia
  4. Batas utara: Samudra Arktik.

Bentang Alam Benua Asia

Wilayah benua Asia yang sangat luas menjadikan benua Asia memiliki bentang alam yang amat sangat beragam. Secara umum bentang alam di benua Asia terbagi menjadi empat bagian.

Sebelum membahas bentang alam benua Asia lebih lanjut, yuk kita simak dulu penjelasan mengenai definisi bentang alam secara umum di bawah ini ya!

Definisi Bentang Alam secara Umum

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. bentang alam merupakan pemandangan alam atau daerah dengan aneka ragam bentuk permukaan bumi.

Sedangkan menurut Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, bentang alam adalah suatu bagian geografi yang menjadi pemandangan alam atau daerah di permukaan bumi yang merupakan satu kesatuan.

Dengan begitu bentang alam juga dapat disebut sebagai kenampakan alam atau segala sesuatu yang sudah tersedia di alam yang merupakan hasil dari ciptaan Tuhan

Bentang alam terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu seperti gunung, lautan, pulau, bukit, pantai, dan sebagainya.

Dalam jurnal milik Susi Susilawati yang berjudul Persebaran Bentang Alam dan Bentang Budaya, bentang alam yang tersusun dari bentuk muka bumi dipengaruhi oleh dua tenaga, yaitu:

  1. Tenaga endogen, berasal dari dalam bumi dan mempengaruhi proses morfologi terbentuknya gunung api dan pegunungan.
  2. Tenaga eksogen, berasal dari luar bumi dan bersifat merombak hasil dari permukaan bumi yang terbentuk karena adanya dorongan dari tenaga endogen, contohnya seperti pelapukan dan sedimentasi.

Lantas bagaimana dengan keadaan bentang alam benua Asia yang sangat amat beragam? Simak ulasan berikut ini ya!

Bentang Alam Benua Asia

Bentang alam yang terdapat di benua Asia terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah, dan wilayah gurun pasir.

Mari kita bahas secara mendetail di bawah ini:

1. Dataran Tinggi

Dataran tinggi di benua Asia terdiri dari berbagai macam pegunungan dan plato.

1.1. Pegunungan

Berdasarkan bentuk fisiknya, benua Asia didominasi oleh gunung-gunung besar, seperti Pegunungan Himalaya dan pegunungan lainnya yaitu seperti:

a. Gunung Everest dengan ketinggian sekitar 8.848 Mdpl yang terletak di perbatasan antara Tibet dan Nepal.

b. Pegunungan Hindukush yang terletak di antara negara Pakistan dan Afganistan memiliki ketinggian sekitar 7.708 Mdpl.

c. Pegunungan Kunlun di China memiliki ketinggian sebesar 7.167 Mdpl.

1.2. Plato atau Dataran Tinggi

Selain pegunungan tinggi, bentang alam benua Asia juga terdiri dari dataran tinggi atau plato.

Plato atau penara merupakan dataran tinggi yang terletak di atas 700 meter di atas permukaan laut. Plato terbentuk sebagai hasil dari proses erosi dan sedimentasi.

a. Dataran Tinggi Qinghai-Tibet merupakan dataran tinggi terluas dan terbesar yang terletak di daerah Otonomi Tibet dan Provinsi Qinghai di Republik Rakyat Tiongkok dan Provinsi Ladakh di Kashmir. Dataran Tinggi Tibet sering dikenal juga dengan sebutan Atap Benua.

b. Table Land, merupakan sebuah plato atau dataran tinggi terbesar kedua yang terdapat di Mumbai, India.

c. Dataran Tinggi Dekkan, merupakan dataran tinggi yang terdapat di India.

d. Dataran Tinggi Anatoli yang terdapat di Turki.

2. Dataran Rendah

Selain dataran tinggi, bentang alam di Benua Asia juga dipenuhi oleh dataran rendah, yaitu:

2.1. Dataran Rendah di Asia Utara

Dataran rendah di Asia Utara dipenuhi oleh Daratan Siberia yang dialiri oleh beberapa sungai yaitu Sungai Ob, Sungai Yenasai, Sungai Lena, dan juga Sungai Timur.

2.2. Dataran Rendah di Asia Timur

Dataran rendah di Asia Timur berada di Dataran Rendah Cina Timur yang dialiri beberapa aliran sungai seperti Sungai Huang Ho (Sungai Kuning), Sungai Yang Tse Chiang, dan juga SUngai Mekong yang terletak di China Selatan dan bermuara di Indocina.

2.3. Dataran Rendah Asia Tenggara

Dataran rendah di Asia Tenggara dialiri oleh Sungai Menom yang terletak di Thailand, Sungai Soluen yang terletak di China, dan Sungai Irawadi di Myanmar.

2.4 Dataran Rendah di Asia Selatan

Dataran rendah di Asia Selatan terdiri atas Dataran Rendah Hindustan yang dialiri oleh dua sungai yaitu Sungai Gangga yang berada di Indi Utara dan Sungai Yamuna yang berada di India bagian utara. Kedua sungai tersebut bergabung dengan Sungai Brahmaputra di Bangladesh.

2.5. Daratan Rendah di Asia Barat

Daratan rendah di Asia Barat yaitu Lembah Eufrat dan Tegris yang berada di Irak. Selain itu, di Arab Saudi juga terdapat dataran rendah El Hassa yang mana terdapat dumber minyak bumi di dalamnya.

Adapun daratan rendah yang paling luas dan subur di benua Asia yaitu Dataran Rendah Menom yang sebagian besar berada di wilayah negara Thailand.

3. Gurun Pasir

Selain daratan tinggi dan daratan rendah, bentang alam benua Asia juga dilengkapi dengan gurun pasir. Adapun berikut ini merupakan daftar gurun pasir terluas di benua Asia, yaitu:

  1. Gurun Gobi, merupakan suatu gurun terbesar di benua Asia yang terletak di Mongolia. Di area Gurun Gobi terdapat fosil dinosaurus yang dibiarkan menjadi situs wisata.
  2. Gurun Karakum, merupakan gurub terbesar kedua di benua Asia yang terdapat di Turkmenistan. Di jantung Gurun Karakum terdapat kawah api membara yang diberi nama Darvaza.
  3. Gurun Kyzylkum, merupakan gurun yang membentang di Kazakhstan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Wilayah Gurun Kyzylkum terlihat sangat menarik karena dipenuhi dengan pasir merah dan terdapat sungai yang bernama Aydar Lake.
  4. Gurun Taklamakan, merupakan gurun yang bertempatkan di Tiongkok.
  5. Gumuk Pasir Parangkusumo, merupakan gurun pasir yang menghadap langsung ke bibir pantai dan berlokasi di Yogyakarta.

Iklim Bentang Alam Benua Asia

Kondisi Iklim suatu daerah tentunya dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti bentuk fisik wilayah, dan letak astronomis daerah tersebut. Benua Asia memiliki iklim yang beragam karena memiliki bentuk fisik wilayah yang amat beragam dan dipengaruhi oleh letak lintang benua Asia di permukaan bumi.

Berikut ini merupakan daftar iklim yang terdapat di Benua Asia, yaitu:

a. Iklim Kontinental

Iklim kontinental merupakan iklim darat yang terdapat di wilayah Asia Tengah dan China Barat Laut.  Contoh wilayah yang memiliki iklim ini yaitu Gurun Gobi di China.

b. Iklim Subtropis Basah

Iklim subtropis basah mendominasi wilayah di China bagian timur dengan kisaran garis lintang 250 LS hingga 350LU. Wilayah yang memiliki iklim subtropis basah sering mengalami hujan karena adanya pengaruh dari angin muson tenggara dan Samudra Pasifik.

c. Iklim Gurun

Iklim gurun memiliki sifat kering sehingga surah hujan yang ada sangat amat rendah, yaitu kira-kira hanya sekitar 250 mm hingga 220 mm per tahunnya. Iklim gurun bisa terjadi karena adanya pengaruh dari angin yang berasal dari daerah guunng yang kering.

Wilayah yang memiliki iklim gurun biasanya terdapat di Asia bagian barat seerti Jazirah Arab dan Asia bagian tengah seperti Gurun Gobi.

d. Iklim Dingin

Iklim dingin sebagian besar terdapat di wilayah Asia bagian utara terutama di Daratan Siberia . WIlayah yang memiliki iklim dingin cenderung memiliki musim panas yang pendek.

e. Iklim Tropis Basah

Iklim tropis basah sebagian besar ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Wilayah yang memiliki iklim tropis basah memiliki curah hujan yang cukup tinggi yaitu antara 1.000 mm hingga 2.000 mm per tahunnya.

Iklim tropis basah sangat dipengaruhi oleh adanya angin muson yang menyebabkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan.

Nah sekian penjelasan mengenai bentang alam benua Asia. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kamu mengenai bentang alam di benua Asia.

Terima Kasih!

Leave a Comment

error: device_error