Batas Wilayah Benua Asia yang Luas dan Patut untuk Diketahui

Tahu gak sih kalau benua Asia merupakan benua terluas di dunia lho! Selain itu, benua Asia juga merupakan benua dengan jumlah penduduk terbanyak dibandingkan benua lainnya. Karena merupakan benua terluas, maka sudah pasti batas wilayah benua Asia pun juga luas.

Yuk simak penjelasan di bawah ini biar kamu lebih tahu banyak informasi tentang benua Asia!

Benua Asia memiliki luas wilayah sebesar 44.579.000 km persegi dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu lebih dari 4,5 miliar jiwa penduduk. Hingga saat ini, Benua Asia memiliki 51 negara di dalamnya yang terbagi menjadi 5 bagian kawasan, yaitu Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan juga Asia Barat.

Letak Geografis Benua Asia

Berdasarkan pada letak geografisnya, benua Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia. Daratan benua Eropa dan Benua Asia menyambung dan dikenal dengan sebutan Eurasia.

Letak benua Asia diapit oleh benua Eropa bagian barat dan benua Australia di bagian selatan.

Letak Astronomis Benua Asia

Benua Asia memiliki wilayah yang membentang dari bumi bagian utara hingga bumi bagian selatan, serta bagian timur. Dengan begitu, apabila dilihat berdasarkan letak astronomisnya atau posisi garis bujur dan garis lintang, letak benua Asia terletak pada 26°BT-170°BT dan 11 LS-80°LS.

Batas Wilayah Benua Asia

Benua Asia memiliki daerah yang berbatasan dengan wilayah di sekitarnya, baik wilayah utara, timur, barat, dan selatan. Berikut ini merupakan batas wilayah benua Asia:

  • Utara: Samudra Arktik
  • Timur: Samudra Pasifik dan Selat Bering
  • Barat: Laut Tengah, Laut Merah, Benua Eropa, dan Benua Afrika
  • Selatan: Samudra Hindia dan Benua Australia

Berikut ini merupakan pembahasan lebih lanjut mengenai batas-batas wilayah benua Asia, baik wilayah daratan maupun wilayah perairan yang berada di sebelah utara, timur, barat, dan juga selatan.

1. Batas Wilayah Benua Asia Bagian Utara

Batas Wilayah Benua Asia yang Luas dan Patut untuk Diketahui
Ilustrasi (pixabay.com)

Batas wilayah benua Asia di bagian utara yaitu wilayah perairan Samudra Arktik. Adapun letak Samudra Arktik merupakan perairan yang berada pada bagian utara negara Rusia.

Samudra Arktik merupakan samudra paling kecil di dunia. Mayoritas dari permukaan Samudra Arktik ditutupi oleh es laut di sepanjang tahunnya.

2. Batas Wilayah Benua Asia Bagian Timur

Batas Wilayah Benua Asia yang Luas dan Patut untuk Diketahui
Ilustrasi (pixabay.com)

Sedangkan batas pada bagian timur yaitu wilayah perairan Samudra Pasifik serta perairan Selat Bering.

Samudra Pasifik merupakan samudra yang paling luas dari kelima samudra lainnya. Wilayah Samudra Pasifik mencakup setengah dari perairan yang terdapat di bumi yaitu sekitar 179.700.000 km persegi yang membentang dari utara hingga selatan, sehingga menyebabkan Samudra Pasifik terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Samudra Pasifik Utara dan Samudra Pasifik Selatan.

Selat Bering merupakan perairan yang memisahkan Rusia dan Alaska karena letaknya berada di  antara Semenanjung Chukchi di Rusia bagian barat dan Alaska di Amerika Serikat bagian Timur.

3. Batas Wilayah Benua Asia Bagian Barat

Batas Wilayah Benua Asia yang Luas dan Patut untuk Diketahui
Ilustrasi (pixabay.com)

Kemudian di sebelah barat, benua Asia berbatasan langsung dengan wilayah perairan Laut Tengah, benua Eropa, dan benua Afrika.

Pada perbatasan dengan benua Eropa, benua Asia dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Pegunungan Ural merupakan pegunungan yang melintasi wilayah Rusia dari bagian utara hingga bagian selatan.

Sedangkan untuk perbatasan dengan benua Afrika, benua Asia dipisahkan oleh Laut Merah. Laut Merah atau Laut Teberau merupakan sebuah teluk yang terletak di sebelah barat Jazirah Arab.

4. Batas Wilayah Benua Asia Bagian Selatan

Batas Wilayah Benua Asia yang Luas dan Patut untuk Diketahui
Ilustrasi (pixabay.com)

Batas wilayah yang terakhir yaitu di bagian selatan. Pada bagian selatan berbatasan langsung dengan wilayah perairan Samudra Hindia dan juga benua Australia.

Samudra Hindia atau disebut sebagai Samudra Indonesia merupakan wilayah perairan yang menutupi 20% permukaan bumi yang berada di antara benua Asia, benua Australia, dan benua Afrika. Salah satu negara di benua Asia yang berbatasan dengan perairan Samudra Hindia di bagian selatan yaitu negara Indonesia.

Kawasan Benua Asia

Wilayah benua Asia terbagi dalam beberapa kawasan, yaitu Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan juga Asia Barat. Pembagian wilayah kawasan tersesbut dilakukan karena adanya perbedaan budaya pada masing-masing wilayah.

Berikut ini merupakan daftar negara yang terdapat pada kawasan benua Asia, yaitu:

1. Batas Wilayah Benua Asia Tengah

Batas Wilayah Benua Asia yang Luas dan Patut untuk Diketahui
Ilustrasi (pixabay.com)

Wilayah benua Asia Tengah memiliki luas lebih dari 4 juta km persegi dengan jumlah penduduk di dalamnya lebih dari 80 juta jiwa.

Negara yang berada di kawasan Asia Tengah merupakan bekas wilayah Uni Soviet. Negara yang termasuk pada kawasan Asia Tengah, yaitu Kazakhstan, Kirgistan, Takjikistan, Turmenistan, dan Uzbekistan.

Negara di kawasan Asia Tengah yang memiliki wilayah paling luas yaitu adalah Kazakhstan.

2. Batas Wilayah Benua Asia Timur

Jepang
Ilustrasi (pixabay.com)

Wilayah benua Asia Timur memiliki luas sebesar 11,8 juta km persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 1,5 miliar jiwa.

Negara yang berada di kawasan Asia Timur sebagian besar merupakan negara yang tergolong ke dalam negara maju. Adapun negara-negara yang terdapat dalam kawasan Asia Timur, yaitu China, Hongkong, Makau, Taiwan, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, dan Mongolia.

3. Batas Wilayah Benua Asia Tenggara

China
Ilustrasi (pixabay.com)

Asia Tenggara memiliki luas wilayah sebesar 4,5 juta km persegi. Kawasan Asia Tenggara berbatasan langsung dengan negara China sebelah utara, Samudra Hindia di selatan, Samudra Pasifik di timur, dan Samudra Hindia di barat.

Sebagian besar negara yang termasuk ke dalam kawasan Asia Tenggara merupakan negara yang tergolong ke dalam negara berkembang.

Negara yang berada pada kawasan Asia Tenggara terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Asia Tenggara Darat (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM). Terdapat 11 negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Singapura, Laos, Myanmar, Thailand, Malaysia, Filipina,Brunei Darussalam, Kamboja, Vienam, danTimor Leste.

4. Batas Wilayah Benua Asia Selatan

Pakistan
Ilustrasi (pixabay.com)

Kawasan Asia Selatan memiliki total luas wilayah kurang lebih 4,48 juta km persegi atau sekitar 10% dari total luas benua Asia. Batas wilayah benua Asia kawasan selatan yaitu Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Barat, dan Samudra Hindia.

Seperti negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, negara yang berada pada bagian Asia Selatan juga merupakan negara yang termasuk ke dalam negara berkembang. Negara terluas dengan jumlah penduduk terbanyak yang berada di kawasan Asia Selatan yaitu negara India.

Negara yang berada dalam kawasan Asia Selatan, yaitu Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, Srilanka.

5. Batas Wilayah Benua Asia Barat

Palestina
Ilustrasi (pixabay.com)

Kawasan Asia Barat terletak di sebelah selatan Benua Eropa bagian timur dengan total luas wilayah sebesar 6.255.160 km persegi dengan jumlah populasi penduduk kurang lebih sekitar 313.428 juta jiwa.

Sebagian besar negara yang terletak di kawasan Asia Barat merupakan negara yang maju, karena sebagian besar negara tersebut memiliki bannyak sekali sumber minyak bumi.

Adapun negara yang termasuk ke dalam kawasan Asia Barat, yaitu Turki, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Uni Emirat Arab, Yaman, Armenia, Azerbaijan, Georgia, Irak, Israel, Libanon, Suriah, Yordania, Iran, dan Siprus.

Karakteristik Benua Asia

Berikut ini merupakan karakteristik yang dimiliki oleh Benua Asia, yaitu:

1. Benua Paling Luas di Dunia

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia dengan total luas wilayah daratan sebesar 44.579.000 km persegi. Daratan yang terdapat di benua asia merupakan 29,5% dari total daratan yang terdapat di muka bumi.

2. Terdapat 5 Iklim

Pada benua Asia terdapat 5 pembagian iklim, yaitu sebagai berikut:

  1. Iklim Tropis, berada pada wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara.
  2. Iklim Subtropis, berada pada wilayah Asia Timur.
  3. Iklim Continental Kutub, berada pada wilayah Siberia.
  4. Iklim Continental Kering, berada pada wilayah Gurun Gobi.
  5. Iklim Gurun, berada pada wilayah Asia Barat.

3. Terdapat Gurun Pasir yang Sangat Luas

Benua Asia memiliki gurun pasir yang sangat luas, beberapa gurun tersebut yaitu adalah Gurun Gobi, Gurun Taklamakan, dan juga Gurun Ordos.

4. Memiliki Populasi Terbanyak di Dunia

Benua Asia merupakan suatu benua yang di dalamnya memiliki penduduk sebesar 4 miliar jiwa. Apabila dibandingkan dengan benua lainnya, tentu benua Asia merupakan benua yang memiliki populasi paling banyak di dunia.

5. Terdapat Gunung atau Puncak Tertinggi di Dunia

Puncak tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest dengan ketinggian sebesar 29.035 kaki atau 8.850 meter di atas permukaan tanah. GUnung Everest merupakan gunung yang berada di perbatasan Nepal dan Tiongkok.

Nah, begitulah penjelasan mengenai batas wilayah benua Asia di sebelah barat, utara, timur, dan selatan, baik batas wilayah daratan maupun batas wilayah perairan.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan kamu mengenai batas wilayah benua Asia ya!

Terima Kasih!

 

Leave a Comment

error: device_error