Admin BA Lelaki biasa, bukan arjuna. Pecinta orang-orang shaleh.

Tanaman Hias Dalam Pot: Dekorasi Cantik Lingkungan Rumah

Tanaman Hias Dalam Pot

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas mengenai panduan dalam menanam tanaman buah dalam pot (tabulampot) secara lengkap. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai tanaman yang sama-sama ditanam di dalam pot. Yakni tanaman hias dalam pot.

Tanaman jenis ini adalah tanaman yang biasa dijadikan sebagai bahan dekorasi atau bahan hiasan di sekitar rumah. Selain sebagai penghasil oksigen, tanaman hias ini dapat membuat lingkungan rumah anda terlihat lebih indah dan cantik.

Simak ulasannya sekarang, check this out!

Tanaman Hias Dalam Pot: Dekorasi Cantik Lingkungan Rumah

Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman hias dalam pot yang bisa anda jadikan referensi dalam mendekorasi lingkungan rumah anda agar terlihat lebih cantik:

1. Anthurium

Thdp Anthurium
pesches(dot)com

Tanaman hias dalam pot yang pertama adalah tumbuhan anthurium, dalam ilmu klasifikasi, tumbuhan jenis ini termasuk dalam famili Araceae. Diperkirakan terdapat sekitar 1000 spesies yang tergolong dalam genus anthurium ini.

2. Rhododendron

Tanaman Hias Dalam Pot. Rhododendron
botanicgarden(dot)uw(dot)edu

Rhododendron atau biasa yang disebut dengan rhodies adalah sebuah genus yang terbagi menjadi 1024 jenis tumbuhan berkayu dalam famili Ericaceae. Tumbuhan ini biasanya banyak ditemukan di benua Asia, akan tetapi juga menyebar ke dataran tinggi di kawasan Amerika Utara.

3. Dracaena

Thdp Dracaena
crocus(dot)co(dot)uk

Draceana adalah genus tumbuh-tumbuhan yang memiliki spesies tumbuhan sebanyak 120 lebih. Meskipun tumbuhan ini termasuk tumbuhan dengan fisik berukuran cukup besar, tidak menghalangi perunutkannya sebagai tumbuhan hias. Karena terdapat spesies dari tumbuhan ini yang biasa ditanam di dalam pot.

4. Spider Plant

Tanaman Hias Dalam Pot. Spider Plant
homedepot(dot)com

Tumbuhan ini dinamakan spider plant atau tumbuhan laba-laba karena memiliki bentuk daun yang menjuntai layaknya kaki laba-laba.

Tumbuhan ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa, yakni memiliki daya serap racun dalam ruangan sebesar 90%. Sehingga sangat baik dijadikan sebagai penetralisir udara di dalam rumah kita.

5. Philodendron

Thdp Philodendron
homedepot(dot)com

Tanaman philodendron adalah jenis tanaman yang banyak dijumpai di hutan tropis seperti Indonesia. Habitatnya berada di rawa-rawa, tepi sungai, dan tempat-tempat lembab lainnya. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang indah sehingga banyak disukai untuk dijadikan sebagai penghias ruangan atau taman

6. Begonia

Tanaman Hias Dalam Pot. Begonia
homedepot(dot)com

Begonia adalah genus dalam famili keluarga berbunga Begoniaceae. 

Tumbuhan ini memiliki warna bunga yang mencolok dan berwarna-warni, mulai dari putih hingga oranye cerah. Selain bunganya, bentuk daun dari tumbuhan jenis ini juga memiliki bentuk yang beragam. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

7. Petunia

Thdp Petunia
crocus(dot)co(dot)uk

Tanaman ini adalah genus tanaman berbunga yang termasuk dalam famili Solanaceae yang memiliki bunga berbentuk terompet. Petunia berasal dari Amerika Selatan. Bunga dari tanaman ini termasuk dalam jenis bermahkota tunggal dan banyak. Selain itu, warna dari tanaman ini sangat bervariasi seperti merah, kuning, putih, biru, ungu, dll.

8. Angelonia

Tanaman Hias Dalam Pot. Angelonia
pinterest(dot)com

Dari segi fisiknya, bunga ini tampak seperti bunga dari tumbuhan lavender. Akan tetapi sebenarnya, dua tumbuhan ini berasal dari famili yang berbeda. Tumbuhan angelonia berasal dari famili Plantaginaceae sedangkan tumbuhan lavender berasal dari famili Lamiaceae.

Warna bunga dari tumbuhan ini sangat beragam, mulai dari merah muda, ungu muda, ungu tua, putih, ungu biru,  dll. Sehingga tumbuhan ini sangat cocok jika dijadikan sebagai tumbuhan hias dalam pot.

9. Euphorbia

Thdp Euphorbia
uhlig-kakteen(dot)de

Euphorbia adalah salah satu genus tanaman berbunga terbesar yang memiliki 2420 spesies. Jenis tanaman ini memiliki manfaat yang cukup penting bagi manusia. Yakni sebagai tanaman hias dan obat-obatan.

Jenis tanaman ini tergolong dalam tanaman yang tahan akan lingkungan yang panas dan kering.

10. Nemesia

Tanaman Hias Dalam Pot. Nemesia
plantinfo(dot)co(dot)za

Tumbuhan nemesia memiliki ukuran bunga yang kecil, akan tetapi keberadaannya di lingkungan rumah anda dapat memberikan kesan indah yang berbeda.

Bunga yang dihasilkan dari tumbuhan ini sangat cocok untuk menghiasi lingkungan sekitar rumah anda. Hal tersebut dikarenakan bunga dari tumbuhan ini memiliki warna yang bervariasi seperti ungu, merah muda, kuning cerah, cranberry, dll.

11. Geranium

Thdp Geranium
brooksidenursery(dot)co(dot)uk

Tanaman bunga geranium tergolong dalam famili Geraniaceae yang memiliki sekitar 300 spesies tumbuhan abadi atau semak. Merupakan tanaman asli asal Afrika Selatan. Memiliki variasi warna yang beragam seperti putih, merah muda, dan ungu.

Dengan variasi warna yang beragam tersebut, tanaman ini sering dijadikan penghias halaman rumah ataupun tanaman hias dalam pot.

12. Kaktus Bunga

Tanaman Hias Dalam Pot. Kaktus Bunga
mysocialmate(dot)com

Tanaman yang sempat populer beberapa waktu yang lalu ini sering dijadikan tanaman penghias dalam ruangan. Selain kaktus bunga, terdapat kaktus mini yang juga seing dijadikan tanaman penghias baik indoor maupun outdoor.

Perawatan dari tanaman ini terbilang cukup mudah. Selain itu, tanaman ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang menetralisir udara di sekitar ruangan rumah anda.

13. Bonsai

Thdp Bonsai
jacksonandperkins(dot)com

Tanaman bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan di dalam pot dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang ditanam di area luas. Karena keunikan bentuknya, tanaman bonsai ini sering dijadikan tanaman penghias lingkungan rumah yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi.

14. Pansy

Tanaman Hias Dalam Pot. Pansy
crocus(dot)co(dot)uk

Tumbuhan pansy adalah bunga hibrida yang dibudidayakan sebagai bunga penghias taman. Bunga ini diperoleh dengan cara hibridasi dari beberapa spesies pansy dari genus viola. Terutama pada spesies viola tricolor, bunga liar yang berasal dari Asia Barat dan Eropa.

15. Tanaman Walisongo

Thdp Tanaman Walisongo
pricetada(dot)id

Tanaman walisongo merupakan tanaman perdu yang memiliki daun berwarna dasar hijau yang disertai belang kuning pucat (variegata). Sangat cocok jika diletakkan di outdoor ataupun indoor karena mampu menyerap polusi udara dan zat-zat beracun yang terkandung di udara.

16. Gelombang Cinta

Tanaman Hias Dalam Pot. Gelombang Cinta
harianriau(dot)co

Tumbuhan ini sempat menjadi primadona tumbuhan hias di era tahun 2000-an. Pada saat itu tanaman ini memiliki harga yang cukup fantastis. Harganya bahkan dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

17. Anggrek (Orchidaceae)

Thdp Anggrek
dgtrader(dot)com

Anggrek merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan spesies terbanyak. Spesiesnya tersebar luas mulai dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar.

Pada daerah beriklim sedang, tumbuhan anggrek biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi untuk menghadapi musim dingin.

18. Sri Rejeki (Aglaonema)

Tanaman Hias Dalam Pot. Sri Rejeki
bakker(dot)com

Sri rejeki adalah tanaman hias yang paling populer yang berasal dari suku talas-talasan atau Araceae yang memiliki 30 spesies.

Tanaman ini berhabitat asli di hutan hujan tropis dan tumbuh dengan baik pada area dengan intensitas cahaya rendah dan kelembaban yang tinggi.

19. Lavender (Lavandula)

Thdp Lavender
jacksonandperkins(dot)com

Lavender adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang terdiri dari 25-30 spesies. Tumbuhan ini berasal dari wilayah selatan Laut Mediterania sampai Afrika dan India.

Merupakan genus herba perenial tahunan atau berumur pendek, dan perenial mirip semak, semak kerdil/ kecil.

20. Herbras (Gerbera)

Tanaman Hias Dalam Pot. Herbras
purpleirisflower(dot)com

Herbras termasuk dalam tanaman hias famili Asteraceae. Merupakan tanaman semak yang hidup bertahun-tahun atau perenial. Memiliki bentuk daun yang memanjang, berwarna hijau dengan pinggiran daun bergerigi besar.

Tanaman ini terdiri dari sekitar 2000 kultivar dengan bentuk bunga yang beraneka ragam dan ukuran diameter antara 5-12 sentimeter.

21. Mawar (Rosa)

Thdp Mawar
bloomnation(dot)com

Tumbuhan mawar merupakan tumbuhan semak yang dapat menghailkan bunga dari genus Rosa. Memiliki lebih dari 100 spesies mawar liar dan kebanyakan tumbuh pada area berudara sejuk.

Pada umumnya spesies mawar adalah tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang dapat tumbuh hingga ketinggian 2-5 meter. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, tanaman mawar ini sering dijadikan tanaman hias yang ditanam di halaman atau di dalam pot karena memiliki bunga yang cantik.

22. Hortensia (Hydrangea)

Tanaman Hias Dalam Pot. Hortensia
produto(dot)mercadolivre(dot)com(dot)br

Hortensia merupakan nama genus yang terbagi menjadi 70-75 spesies yang berasal dari Asia Timur, Asia Selatan, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Tanaman semak yang tumbuh merambat ini dapat mencapai ketinggian hingga 30 meter.

Daunnya berbentuk bulat telur dan berwarna hijau muda berkilau. Tanaman ini memiliki sifat menggugurkan daun atau biasa disebut sebagai tumbuhan peluruh.

23. Krisan/ Seruni (Chrysanthemum)

Thdp Krisan
bellefioriflorist(dot)com

Tanaman krisan atau seruni adalah jenis tanaman yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau sebagai bunga petik. Konon katanya tanaman ini sudah ada sejak zaman kapur.

Bunga ini memiliki aroma yang wangi. Sehingga di negara Jepang yang memiliki budaya mengkonsumsi minuman teh, biasanya menambahkan bunga ini agar membuat aroma teh lebih wangi.

24. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman Hias Dalam Pot. Lidah Mertua
crocus(dot)co(dot)uk

Tumbuhan lidah mertua ini cukup populer sebagai tumbuhan hias yang ditanam di pekarangan rumah, baik di media tanah langsung atau sebagai tanaman hias dalam pot.

Tumbuhan ini memiliki daya adaptasi yang baik, pasalnya tumbuhan ini dapat bertahan hidup dikondisi sedikit air dan cahaya matahari. Memiliki daun yang tegak, keras, dengan ujung yang meruncing.

25. Lidah Buaya (Aloe vera)

Thdp Lidah Buaya
meijer(dot)com

Konon katanya, lidah buaya adalah tanaman yang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit.

Seiring berjalannya waktu dan ilmu teknologi, manfaat dari tanaman lidah buaya ini semakin berkembang sebagai bahan baku industri pengobatan dan kosmetik. Selain itu, tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

26. Sirih Gading (Scindapsus aureum)

Tanaman Hias Dalam Pot. Sirih Gading
amazon(dot)in

Tanaman hias dalam pot selanjutnya adalah sirih gading. Sejak dulu, tanaman ini dikenal sebagai tanaman penghias perkarangan atau ruangan. Berasal dari famili Araceae (talas-talasan). Memiliki daun berwarna kucing cerah hingga kuning pucat.

Jika tanaman ini ditanam langsung di media tanah, maka batangnya akan merambat ke tempat yang dekat dengannya. Apabila ditanam di dalam pot daun dari tanaman ini akan mengalami pengecilan pada bagian daunnya.

27. Palem Botol (Hyophorbe lagenicaulis)

Thdp Palem Botol
turbosquid(dot)com

Tumbuhan hias ini adalah tumbuhan yang biasa ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

Secara fisik, palem ini memiliki bentuk yang sama sebagaimana pohon palem pada umunya, hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil. Mungkin itulah mengapa palem ini dijuluki sebagai palem botol.

28. Peace Lily (Spathiphyllum wallisii)

Tanaman Hias Dalam Pot. Peace Lily
plantingman(dot)com

Tumbuhan ini memiliki daun berwarna hijau gelap yang terlihat elegan dan memiliki bunga berwarna putih yang cantik. Biasanya tumbuhan ini menjadi pilihan populer tumbuhan penghias kantor atau rumah.

29. Morning Glory (Ipomoea obscura)

Thdp Morning Glory
flickr(dot)com

Morning glory adalah spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari genus Ipomoea. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan liana yang berasal dari wilayah Amerika. Ciri-ciri tumbuhan liana yakni memiliki akar berbonggol, memiliki daun reniform dengan kelopak bungan berwarna putih.

30. Violet (Viola odorata)

Tanaman Hias Dalam Pot. Violet
pinterest(dot)com

Tumbuhan violet adalah spesies tumbuhan yang berasal dari genus Viola yang berasal dari benua Asia dan Eropa. Violet memiliki bunga beraroma aromatik, dan pada umumnya  berwarna violet gelap atau putih.

Termasuk dalam tumbuhan yang berbunga menahun dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10-15 sentimeter.

31. Wijayakusuma (Epiphyllum oxypetalum)

Thdp Wijayakusuma
agriculturecountry(dot)blogspot(dot)com

Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman kaktus yang berasal dari daerah kabupaten Cilacap, Amerikan, Venezuela, dan Caribia. Tanaman ini bisa hidup dikondisi iklim sedang hingga beriklim tropis.

Bunga wijayakusuma hanya merekah/ mekar dalam semalam, kecuali jenis yang dikembangkan dengan cara hibrida, bisa bertahan sampai 2-3 hari.

Demikianlah beberapa contoh tanaman hias dalam pot yang bisa anda jadikan referensi dalam mendekorasi lingkungan sekitar kantor atau rumah anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

id.wikipedia.org

Admin BA Lelaki biasa, bukan arjuna. Pecinta orang-orang shaleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: