Pahami Cara Merawat Ikan Koi yang Tepat Sebelum Memeliharanya

Ikan koi merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki corak dan warna yang unik serta indah. Para penghobi ikan koi rela merogoh kocek mereka meskipun harga dari ikan ini terbilang cukup tinggi. Akan tetapi, masih saja terdapat orang yang belum memahami bagaimana cara merawat ikan koi dengan tepat.

Sangat disayangkan jika ikan yang memiliki harga yang cukup mahal ini tidak terawat dengan baik bahkan mati begitu saja. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki keinginan untuk memelihara ikan ini, disarankan untuk memahami berbagai cara merawat ikan koi yang sudah saya rangkum dalam artikel ini.

Selamat menyimak!

1. Mengenal Ikan Koi

Mengenal Ikan Koi
fineartamerica(dot)com

Ikan koi (Cyprinus carpio) adalah jenis ikan hias air tawar yang masih memiliki kekerabatan dekat dengan ikan mas. Kata koi sendiri berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti ikan karper.

Ikan yang berasal dari Jepang ini pada mulanya adalah termasuk jenis ikan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Jepang sendiri. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, ikan ini beralih manfaat menjadi ikan hias. Hal tersebut dikarenakan ikan koi ini memiliki corak serta warna yang indah dan beragam.

Di negara asalnya, ikan ini konon dipercaya sebagai simbol dari cinta dan persahabatan. Karena kata koi sendiri dapat bermakna sebagai kasih sayang atau cinta.

Selain itu, sebagian besar orang yang memelihara ikan ini percaya bahwa ikan koi adalah ikan yang dapat mendatangkan keberuntungan. Wow, apakah anda juga percaya?

2. Jenis-jenis Ikan Koi

Pada umumnya jenis ikan koi dibedakan berdasarkan corak dan warna dari tubuhnya, berbeda dengan cara merawat kelinci yang dibedakan sebagai kelinci hias atau kelinci potong. Begitu banyak ragam dari corak dan warna ikan koi ini, ada yang berwarna merah, putih, hitam, emas, dll. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan koi yang biasa dipelihara oleh para pecinta ikan koi:

  • Ikan Koi Kin Kikokuryu

Cara Merawat Ikan Koi Kin Kikokuryu
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Goshiki

Ikan Koi Goshiki
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Shigure Ochiba

Ikan Koi Shigure Ochiba
koilogic(dot)co(dot)uk
  • Ikan Koi Chagoi

Koi-Chagoi
queni-koi(dot)co(dot)uk
  • Ikan Koi Tancho Kikusui

Ikan Koi Tancho Kikusui
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Kujaku

Ikan Koi Kujaku
koimarket(dot)com
  • Ikan Koi Ogon Platinum

Ikan Koi Ogon Platinum
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Shusui

Cara Merawat Ikan Koi Shusui
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan Koi Ki Utsuri
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Hi Utsuri

Ikan Koi Hi Utsuri
le-koi(dot)co(dot)uk
  • Ikan Koi Tancho

Cara Merawat Ikan Koi Tancho
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi Kohaku
pinterest(dot)com
  • Ikan Koi Showa Sanshoku

Cara Merawat Ikan Koi Showa Sanshoku
pinterest(dot)com
  • Ikan Koi Sanke Taisho

Ikan Koi Sanke Taisho
youtube(dot)com
  • Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri
queni-koi(dot)co(dot)uk
  • Ikan Koi Asagi

Koi Asagi
cascadekoi(dot)co(dot)uk
  • Ikan Koi Matsuba

Koi Matsuba
sacramentokoi(dot)com
  • Ikan Koi Ogon Yamabuki

Koi Ogon Yamabuki
cascadekoi(dot)co(dot)uk
  • Ikan Koi Hariwake

Koi Hariwake
ikan-ikan(dot)com
  • Ikan Koi Kumonryu Beni

Koi Kumonryu Beni
angelkoi(dot)com
  • Ikan Koi Soragoi

Koi Soragoi
grandkoi(dot)com
  • Ikan Koi Goromo

Koi Goromo
mystickoi(dot)com
  • Ikan Koi Kikokuryu

Koi Kikokuryu
mf-aquatics(dot)co(dot)uk

3. Cara Merawat Ikan Koi – Mempersiapkan Kolam

Mempersiapkan Kolam
gilakoi(dot)com

Cara merawat ikan koi yang pertama adalah dengan mempersiapkan kolam ikan koi, langakah yang sama seperti dalam cara merawat anak ikan cupang. Anda bisa menggunakan beberapa macam media untuk dijadikan kolam ikan koi, media tersebut bisa berupa kolam semen, kolam taman, ataupun kolam tanah.

Lalu bagaimana jika hendak merawat ikan koi menggunakan media aquarium? Ikan koi sangat tidak dianjurkan untuk dipelihara di dalam aquarium. Alasannya adalah, agar ikan koi dapat bergerak dengan bebas sehingga membutuhkan media yang cukup luas seperti kolam.

Selain itu, ikan koi sangat membutuhkan kualitas air yang cukup baik. Anda harus mempersiapkan air yang bebas dari kontaminasi zat-zat kimia maupun zat-zat berbahaya lainnya.

Bagi anda yang hendak menggunkan media kolam semen sebagai tempat tinggal ikan koi anda, sebaiknya jangan langsung memasukkan ikan anda ke dalam kolam tersebut. Karena biasanya, kolam semen yang baru jadi (kering) akan meninggalkan bau semen yang cukup mengganggu bagi kehidupan si ikan kelak.

Untuk mempercepat dalam menghilangkan bau dari semen ini, anda dapat menggunakan pelepah pisang. Selain itu, jaga juga tingkat keasaman air pada PH 6,5-8,5.

4. Memilih Ikan Koi yang Hendak Dirawat

Memilih Ikan Koi
turbosquid(dot)com

Meskipun memiliki harga yang terbilang mahal, ikan koi adalah ikan hias yang sangat diminati di masyarakat. Serupa dengan ‘burung cinta’ dalam cara merawat burung lovebird yang memiliki peminat dan harga yang juga cukup tinggi.

Karena permintaan pasar yang cukup besar, pada akhirnya membuat para pembudidaya ikan koi kewalahan.

Melihat kondisi ini, muncullah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjual ikan koi dengan kualitas yang tidak layak, bahkan menjual ikan koi palsu.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda membeli ikan koi di toko ikan yang telah memiliki reputasi yang baik. Selain menjual kualitas ikan yang terjamin, biasanya anda akan mendapatkan edukasi tambahan berupa tips dan trik dalam cara merawat ikan koi.

Karena memiliki 10 ikan koi yang berkualitas lebih baik jika dibandingkan dengan memiliki 100 ikan koi yang tidak berkualitas.

5. Mengatur Jumlah Ikan Koi Dalam Satu Kolam

Mengatur Jumlah Ikan Koi
unrealengine(dot)com

Sebagaimana telah dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya, ikan koi membutuhkan media yang cukup luas agar dapat bergerak dengan bebas. Maka jumlah ikan dalam satu kolam hendaknya disesuaikan dengan kapasitas dari kolam itu sendiri.

Karena jika jumlah ikan koi tidak sesuai (terlalu banyak) dengan kapasitas kolam yang anda miliki, ikan akan kesulitan untuk bergerak dan pada akhirnya akan mengakibatkan stres hingga kematian.

6. Cara Merawat Ikan Koi – Pemberian Pakan

Pemberian Pakan Koi
koiorganisationinternational(dot)org

Cara merawat ikan koi yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah dalam pemberian pakan. Pemberian pakan yang berkualitas akan sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ikan koi yang anda pelihara.

Untuk mendapatkan kualitas pakan ikan koi yang baik, bisanya harus didatangkan langsung dari Jepang. Oleh karena itulah, pakan ikan koi dikenal memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pakan ikan jenis lainnya.

Aturlah intensitas pemberian pakan pada ikan koi guna menghemat pengeluaran dalam pembelian pakan selanjutnya. Anda bisa memberikan pakan ikan koi sebanyak dua kali dalam sehari, yakni ketika pagi dan sore hari.

Selain pakan yang baru saja dijelaskan pada paragraf sebelumnya, anda juga dapat memberikan jenis pakan lain yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk ikan koi anda. Jenis pakan lain tersebut ialah:

  • Kubis
  • Sawi
  • Semangka
  • Tanaman alga
  • Spirulina
  • Larva serangga
  • Udang
  • Cacing rambut/ cacing darah.

7. Cara Merawat Ikan Koi – Menjaga Kualitas Air Kolam

Menjaga Kualitas Air
cleanwateraction(dot)org

Selanjutnya anda harus memperhatikan dan menjaga kualitas air dari kolam ikan anda. Hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas air kolam adalah pada suhu dan tingkat kekeruhan air.

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk memperhatikan tingkat kekeruhan air ialah dengan memasang filter air pada kolam. Filter yang digunakan dalam kolam ikan koi biasanya memiliki empat lapis filter, empat lapis filter tersebut diantaranya:

  1. Lapisan pertama terdiri dari ijuk, pasir, dan kerikil. Lapisan ini berfungsi untuk menyaring lumpur dan sampah yang mengotori kolam.
  2. Lapisan kedua berupa karbon zeloit. Lapisan ini berfungsi untuk menghilangkan bau, racun, dan bibit penyakit.
  3. Lapisan ketiga berupa pestisida yang tidak membunuh bakteri pengurai yang berperan dalam penjernihan air kolam.
  4. Lapisan terakhir berupa tanaman atau bebatuan yang dapat mengikat kotoran.

Akan tetapi, meskipun sudah menggunkan filter empat lapis, kondisi air kolam terkadang masih tetap terlihat keruh. Oleh sebab itu, sekali dalam seminggu sebaiknya anda mengganti 1/10 air dalam kolam.

Jangan pernah menguras keseluruhan air dalam kolam. Hal tersebut akan mengakibatkan perubahan suhu drastis yang dapat membuat ikan koi sulit beradaptasi kembali.

8. Mengkarantina Ikan Koi Tambahan (Koi Baru)

Mengkarantina Ikan Koi
pinterest(dot)com

Cara merawat ikan koi yang terakhir adalah ketika anda hendak menambah jumlah peliharaan ikan koi pada kolam anda. Sebelum mencampurkan koi baru dengan koi yang lainnya, anda disarankan untuk memperhatikan lebih dahulu kondisi ikan baru tersebut.

Jangan sampai ikan koi yang baru anda beli membawa bibit penyakit yang dapat menular dan mempengaruhi ikan-ikan lama anda. Sebaiknya anda mengkarantinakan ikan baru tersebut menggunakan tempat lain dalam beberapa hari.

Setelah dirasa cukup yakin bahwa ikan koi yang baru benar-benar sehat dan tidak terkontaminasi dengan bibit penyakit, anda bisa memasukkannya ke dalam kolam bersama ikan lama anda.

Itulah beberapa tips dan trik dalam cara merawat ikan koi yang tepat yang telah saya saya rangkum dan sajikan untuk anda. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

arenahewan.com

Leave a Comment

error: device_error